Tanjung Selamat Gelar Penyusunan Renja Pemerintah Gampong

  • Whatsapp

ACEH BESAR – Menindak lanjuti Permen Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI Nomor 13 Tahun 2020, Prioritas Penggunaan Dana Desa, Gampong Tanjung Selamat menggelar Musgam (Musyawarah Gampong) dalam rangka Penyusunan RKPG, Jumat, (30/10/2020) di gedung Serbaguna desa setempat.

Baca juga : rasulullah proklamator perubahan sosial

Musyawarah Gampong ini dihadiri oleh seluruh Perangkat Gampong, Tenaga Pendamping Desa dari Kecamatan Darussalam, Lembaga Gampong, Kepemudaan, Organisasi Masyarakat, Unsur Keagamaan, Kelompok Perempuan, Ketua PKK, Posyandu, Perwakilan Warga, dan pihak-pihak berkepentingan terhadap pembangunan gampong.

Sekretaris Desa (Sekdes) Miswar, M.Ag yang bertindak sebagai moderator mengawali acara pembukaan dengan menyampaikan garis besar pembangunan di setiap dusun yang ada di Gampong Tanjung Selamat dan menjelaskan tata tertib musyawarah yang akan berlangsung.

Acara Musgam dibuka oleh Ketua Tuha Peut Tanjung Selamat Syamsul Bahri Ys, MA . Dalam sambutannya mengatakan, “penyusunan anggaran tahun depan dengan lebih dahulu mengevaluasi target kerja tahun sebelumnya yang belum selesai dan bisa dilanjutkan, jangan sampai diabaikan.”

Sebagaimana diketahui bahwa kegiatan Musgam merupakan kegiatan rutin yang
digelar setiap tahun sebagai tahapan pembangunan desa sesuai dengan model pembangunan bersifat partisipatif atau lebih dikenal dengan musrenbangdes (Musyarawah Rencana Pembangunan Desa).

Mengenai alokasi anggaran, prioritas penggunaan dana desa tahun 2021 berdasarkan edaran Gubernur Aceh Nomor 412.2/14654 tertanggal 13 Oktober 2020 yaitu diarahkan untuk pencapaian tujuan nasional berkelanjutan/sustainable development goals (SDGs) gampong.

Keuchik Gampong Tanjung Salamun, SH dalam kesempatan tersebut memaparkan beberapa pekerjaan yang sudah dicapai pada tahun kerja 2019 dan yang belum tercapai, diantaranya yang belum ada yaitu karang taruna, bank sampah, PAUD dan beberapa ruas pembangunan jalan lorong yang tertunda karena dampak Covid-19.

“Sementara pencapaian pembangunan tahun 2019 sangat progresif termasuk kegiatan pendataan dan sertifikasi tanah aset Gampong dan tanah wakaf.” kata salah seorang warga menguatkan.

Tenaga Pendamping Desa Gampong Tanjung Selamat Kecamatan Darussalam, Iqbal pada sesi terakhir musyarawah mengatakan, “banyak sekali rencana program kerja yang diusulkan sehingga ada yang mungkin direalisasikan dengan dana desa dan mungkin perlu menetapkan skala prioritas”.(*)

Related posts