Tim Literasi Kabupaten Aceh Besar Lakukan Pendampingan Literasi ke SD Negeri Lam Ujong

  • Whatsapp

Aceh Besar – Tim Literasi Kabupaten Aceh Besar melakukan Pendampingan Literasi ke SD Negeri Lam Ujong, Kecamatan Krueng Barona Jaya, Rabu, 10/03/2021.

Pendampingan Literasi oleh Tim Literasi Kabupaten Aceh Besar akan terus dilakukan ke sekolah-sekolah di Kabupaten Aceh Besar.

Adapun Tim Literasi yang hadir pada acara tersebut, diantaranya: Agus Jumaidi, S. Pd, M. Pd selaku Koordinator Tim Literasi Aceh Besar, Rusydi, S. Ag sebagai Ketua Tim Literasi Aceh Besar, dan Juwita, S. Pd selaku Sekretaris Tim Literasi Aceh Besar.

Adapun tujuan pendampingan ini dilaksanakan, menindaklanjuti dari kegiatan monitoring kegiatan literasi di sekolah-sekolah yang telah dilakukan pada tahun lalu.

Tim Literasi terus melakukan koordinasi sekaligus memberi motivasi kepada sekolah-sekolah, sehingga harapan ke depan sekolah dapat membudayakan kegiatan literasi di sekolah. Selain itu sekolah juga dapat menghasilkan karya, baik karya peserta didik maupun karya guru.

Rusydi, S. Ag selaku Ketua Tim Literasi Aceh Besar mengatakan bahwa literasi adalah bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan umat manusia, sesuai dengan Ayat pertama diwahyukan oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW, yaitu Iqra’ artinya bacalah.

Jadi jelas bahwa sebelum melakukan sesuatu kita wajib mengetahui ilmu terlebih dahulu, untuk menambah ilmu tentu dengan membaca. Maka, literasi khususnya dalam bidang menulis dan membaca adalah hal dasar yang wajib dipahami peserta didik.

“ Dalam menulis kita membutuhkan informasi. Informasi dapat kita peroleh dari bahan bacaan, apa yang kita amati, apa yang kita rasakan maupun apa yang kita lakukan. Jadi, kita bisa menulis apa saja yang ingin kita tulis.” Papar Juwita, S. Pd yang telah menulis 16 judul buku baik solo maupun antologi selama tiga tahun terakhir kepada guru dan peserta didik yang mengikuti acara tersebut.

“Kegiatan seperti ini, memang harus digalakkan di kalangan guru,mengingat sekarang di era teknologi yang tak terbatas, guru dengan mudahnya dapat menimba ilmu kapan saja dan dimana saja, “katanya.

“Begitu juga di bidang menulis, guru-guru dapat mempertajam ilmu yang telah dimiliki dengan mengikuti berbagai workshop di bidang menulis, baik offline maupun online, dan kegiatan menuis ini juga dapat menambah angka kredit, sehingga sangat bermanfaat bagi guru, baik dari segi ilmu maupun kenaikan pangkat,” tuturnya.

“Bagi peserta didik dapat mengasah kemampuan siswa dalam bidang membaca menulis dan memupuk kesadaran berliterasi sejak dini, sehingga diharapkan ke depannya menjadi generasi yang tidak hanya mampu membaca tetapi juga dapat menghasilkan sebuah bacaan. ” Ungkap Sri Afriani, S. Pd selaku Kepala SD Negeri lam Ujong dalam memberi motivasi kepada guru dan peserta didik tentang pentingnya literasi.

Kegiatan tersebut diikuti oleh guru dan peserta didik, yang nantinya akan menghasilkan sebuah karya tulis.

  • Whatsapp

Related posts