Tim Monev Literasi: Sekolah Ini Punya Trik Khusus Selesaikan Masalah Baca Tulis

  • Whatsapp

Aceh Besar – Pada Jum’at, 26 Maret 2021, kami Tim Literasi Kabupaten Aceh Besar, Sardani, S,Pd dan Yusriati, S.Ag. M.Pd bertugas mealakukan monev di SMPN 1 Simpang tiga.

Kedatangan kami di sambut langsung oleh Kepala Sekolah Dra. Endang pudjiati, Tim literasi sekolah dan kepala perpustakaan.

Kepala sekolah menyampaikan kepada kami permasalahan yang dihadapi sekolah terkait dengan program literasi, yaitu masih banyak siswa di SMP ini yang belum bisa baca tulis.

Untuk menyelesaikan masalah ini kepala sekolah menugaskan guru untuk mendata siswa yang belum bisa baca tulis.

Selanjutnya siswa tersebut dibina secara khusus oleh guru untuk diajarkan membaca dan menulis. Sekolah juga sudah memanggil wali murid untuk bekerja sama menuntaskan masalah baca tulis ini.

Dan alhamdulillah, dengan program pembinaan khusus ini, banyak siswa yang sudah bisa baca tulis.

SMPN 1 Simpang Tiga sudah memiliki SK tim literasi sekolah, seperti yang ditujukkan kepada kami, namun SK ini akan di perbaharui kembali karena ada anggota Tim yang sudah pensiun.

Sekolah juga menganggarkan dana untuk kegiatan literasi. Di samping itu Sekolah juga memiliki buku literasi yang cukup di perpustakaan dan tenaga perpustakaan yang kompeten.

Sekolah juga sudah pernah membuat pojok baca di beberapa kelas, namun karena adanya rehab ruang kelas, maka pojok baca tersebut juga harus dipindahkan.

Untuk tahun ini Kepala sekolah dan tim literasi sekolah, akan menyusun program literasi. Kepala sekolah sangat mendukung kegiatan literasi ini dan berharap akan ada kunjungan selanjutnya dari Tim Literasi kabupaten ke SMPN 1 Simpang Tiga.

  • Whatsapp

Related posts