Tumbo Baro Sembelih 60 Ekor Hewan Qurban pada Idul Adha 1441 H

  • Whatsapp

● Tgk Syaiful Mars Khatib Salat Idul Adha di Masjid Gampong Tumbo Baro, Kuta Malaka.

● Ustaz Mursalin Basyah Khatib Salat Idul Adha di Masjid Nurul Huda, Peunyerat Banda Aceh.

ACEH BESAR—Dalam rangka hari raya idul adha tahun 1441 hijriah/2020 M masyarakat Gampong Tumbo Baro kecamatan Kuta Malaka Aceh Besar bersama Dayah Dar Maryam, Qatar Charity dan Dayah Darul Quran melakukan penyembelihan 60 ekor hewan qurban yang terdiri dari 43 ekor lembu dan 17 ekor kambing.

Kegiatan penyembelihan dilaksanakan hari jumat dan sabtu (31 juli dan 1 Agustus 2020) dengan rincian di Meunasah Tumbo Baro 8 ekor lembu 1 ekor kambing, Dayah Dar Maryam, Qatar Charity 35 ekor lembu dan 13 ekor kambing, serta Dayah Darul Quran Aceh 3 ekor kambing.

Baca juga : Kepala SLB VOKASI Bireuen Difitnah; Kepala SLBN Ajay; Pemilik Akun Harus Tanggung Jawab

Menurut Keuchik Tumbo Baro, H Khalid Wardana MSi didampingi imam meunasah Tgk M Syafari MSi, walaupun di tengah pandemi covid-19 dan perekonomian masyarakat yang menurun tetapi kesadaran masyarakat untuk melaksanakan ibadah qurban mengalami peningkatan yang luar biasa.

 

“Khusus penyembelihan di meunasah didistribusikan untuk seluruh warga Tumbo Baro, sedangkan penyembelihan di Dayah Dar Maryam dan Qatar Charity di distribusikan kepada anak yatim dan para dhuafa yang ada di Aceh Besar dan Banda Aceh,” ungkapnya.

Baca juga : Lonjakan Covid 19 Makin Gila, Hari Ini di Aceh 103 Positif

 

Khalid Wardana memberikan apresiasi yang luar biasa kepada masyarakat dan para donatur, semoga dibalas dengan setimpal oleh Allah SWT.

Sementara itu prosesi pelaksanaan shalat idul adha dihadiri ratusan warga dengan khatib Drs Tgk Saiful Mar yang merupakan penyuluh Fungsional Kementerian agama Aceh Besar, sedangkan yang menjadi imam Tgk M Syafari MSi.

Khatib Tgk Saiful Mar mengajak para jamaah untuk meneladani kisah perjuangan dan keteladan nabi Ibrahim As serta meningkatkan solidaritas sosial untuk peduli dan berbagi kepada sesama.

■ Ustaz Mursalin Basyah Ajak Jamaah Teladani Ketangguhan Keluarga Nabi Ibrahim AS

Pelaksanaan Salat Idul Adha di Masjid Nurul Huda, gampong Peunyerat, Kota Banda Aceh dihadiri 900an jamaah yang datang dari gampong Peunyerat dan gampong sekitar dengan khatib, Tgk Ustaz Mursalin Basyah LC, dosen Tgk Chik Pante Kulu Darussalam.

Dalam khutbahnya Mursalin memaparkan pensyariatan ibadah idul adha dan rangkaian ibadah lainnya dalam bulan Zulhijjah ini, bermula dari kisah ketangguhan keluarga Nabi Ibrahim AS. Ibrahim diuji dengan diusir dari desanya, dibakar hidup-hidup, hingga sampai umur 70 tahun belum dikaruniai anak.

Pelajaran dari tangguhnya Ibrahim, tangguhnya Siti Hajar, dan tangguhnya Ismail, dapat menjadi teladan bagi kita dalam menempuh hidup ini.[]



Related posts

Paris

Paris