Warga Gampong Tanjung Selamat Adakan Kenduri Maulid dan Santuni Anak Yatim

  • Whatsapp

ACEH BESAR – Keagungan Rasulullah Saw bagi umat Islam tak terkira, apalagi bila mengingat perjuangan beliau demi membawa manusia menuju keselamatan baik dunia dan terlebih di akhirat.

Karena semangat mengagungkan kemuliaan Rasulullah itulah warga Gampong Tanjung Selamat Kecamatan Darussalam Aceh Besar melaksanakan secara khidmat kenduri maulid pada Minggu, (29/11/2020) yang digelar di halaman komplek Masjid Babul Maghfirah desa setempat.

Read More





Keuchik Salamun, SH kepada awak media mengatakan, peringatan maulid tahun ini berbeda dengan sebelumnya, kali ini dihadapkan dengan situasi Covid-19 yang mengharuskan setiap orang untuk mematuhi protokol kesehatan.

sebab itu kegiatan maulid yang diadakan oleh warga Gampong Tanjung Selamat dilakukan dengan melibatkan Satgas Covid-19 gampong agar terkoordinasi dengan baik di lapangan.

“Alhamdulillah meski dimasa pandemi, Kenduri Maulid Nabi Muhammad Saw di Gampong Tanjung Selamat berjalan tertib, lancar, dan aman”, ungkap Salamun.

Ia menambahkan, sebagaimana biasanya tamu yang diundang dari gampong-gampong tetangga, muspika, tokoh masyarakat, bersama warga makan bersama.

“Ada 17 gampong yang kami undang, setiap gampong sebanyak 20-30 orang. Alhamdulillah hadir semuanya”, tambah Keuchik Salamun yang juga menjabat Ketua APDESI Kecamatan Darussalam ini.

Selain makan bersama di tempat yang telah disediakan, panitia maulid juga membagikan kuah belangong kepada seluruh warga masyarakat di lima dusun untuk disantap bersama keluarga yang dimasak sejak subuh dan dikerjakan secara bergotong royong oleh pemuda, BKM Masjid Babul Maghfirah, BUMG, dan unsur lembaga gampong yang dikoordinir oleh Tuha Peut dan Imam Masjid/Imam Gampong.

“Sebanyak 27 kuali Kuah Beulangong di yang dimasak untuk dibagikan kepada warga,” lanjut Salamun.

BUMG Raseuki Allah Bri Sumbang Seekor Lembu

Sementara itu Pengurus Badan Usaha Milik Gampong (BUMG) Tanjung Selamat yang telah beroperasi sejak beberapa tahun sudah berkembang dan menghasilkan keuntungan usaha.

Mengingat ini adalah masa sulit secara ekonomi bagi masyarakat bawah akibat dampak Covid-19, BUMG menyerahkan bantuan 1 ekor lembu untuk kenduri maulid.

“Harapan nya semoga sumbangan ini dapat dinikmati bersama oleh seluruh lapisan masyarakat dan dapat membantu meringankan biaya kenduri,” kata Cek Mus mewakili pengurus BUMG pada satu kesempatan.

Santuni Anak Yatim

Masih dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad Saw, Kepemudaan Gampong Tanjung Selamat turut mengisi kegiatan tersebut dengan menyantuni anak yatim-piatu yang ada di gampong.

Ketua Pemuda Jufri, S.I.Kom yang didampingi Fadli Nurdin sebagai Wakil Ketua menyerahkan bantuan paket sembako kepada 15 anak Yatim yang diundang.

Penyantunan anak yatim-piatu telah dilaksanakan bersamaan dengan kenduri Maulid yang digelar oleh Kepemudaan pada beberapa waktu lalu tepatnya pada 12 Rabiul Awal 1442 H.

Selain bantuan sembako, anak yatim-piatu juga mendapatkan santunan berupa uang yang diserahkan oleh Pengurus Baitul Mal Gampong (BMG).

Jufri, S.I.Kom berharap kedepannya kegiatan maulid ini akan lebih sukses lagi dan Gampong Tanjung Selamat harus bisa tampil beda dengan gampong-gampong yang lain khususnya dikemukiman Tungkop.

“Kedepan kita juga ingin mengundang seluruh ketua pemuda dalam kemukiman Tungkop pada acara maulid kepemudaan”, tutup Jufri.

Pergelaran Maulidur Rasul di Gampong Tanjung Selamat tahun ini memang berbeda dari sebelumnya.

Kuah belangong yang biasanya dimasak pada siang hari namun kali ini dilakukan pada malam hari atau menjelang subuh. Sehingga Kuah Beulangong sudah masak pada pukul 10:00 Wib dan langsung dibagikan kepada warga. (*)

Related posts