Luncurkan Program Satu Gampong Satu Sarjana, Pemkab Aceh Jaya Kerjasama dengan STAI-PTIQ

  • Whatsapp

Aceh Jaya –Ketua panitia kegiatan Maulid Nabi Muhammad saw dan peluncuran satu gampong satu sarjana, sekaligus Wakil Ketua Bidang Kerjasama dan Kemahasiswaan STAI-PTIQ Muhammad Yusuf, SE mengatakan, program tersebut sangat mendukung pengembangan pendidikan di kabupaten Aceh Jaya, terutama bagi masyarakat yang ekonominya lemah.

Melalui program ini akan membantu dan meringankan orang tua untuk menyekolahkan anak-anaknya ketingkat yang lebih tinggi.

Muhammad Yusuf menyampaikan kendala yang paling besar yang dirasakan oleh masyarakat adalah persoalan keuangan, sedangkan minat masyarakat Aceh Jaya sangat tinggi untuk dapat melanjutkan pendidikan di bangku kuliah.

Dari itu perlu dukungan dari semua pihak, terutama pemerintah, para intelektual Aceh Jaya, Camat, Para Keuchik dan masyarakat agar program ini dapat terlaksana dengan baik.

Apalagi di Aceh Jaya sudah ada kampus STAI-PTIQ, tentu kehadiran kampus ini memudahkan masyarakat Aceh Jaya untuk melanjutkan pendidikan, ujar Muhammad Yusuf.

“Mengingat ke depan setiap tenaga pendidik harus memiliki gelar sarjana (S-1) sementara SDM yang dimiliki oleh Aceh Jaya saat ini, terutama pada TK dan PAUD masih didominasi oleh tenaga pengajar setingkat tamatan SMA, hal ini menjadi PR penting bagi kita semua, “katanya.

Disamping itu, Muhammad Yusuf mengatakan akan memberikan kemudahan kepada masyarakat yang ingin melanjutkan kuliah pada STAI-PTIQ, serta berkomitmen akan memberikan dukungan penuh kepada para pihak yang turut berkontribusi dalam gagasan tersebut.

Sementara Ketua STAI-PTIQ Aceh Musa Alfadhil, S.Pd.I, MA, menyampaikan bahwa program satu gampong satu sarjana merupakan realisasi dari visi misi Kab. Aceh Jaya cerdas.

Disamping itu, ketua STAI-PTIQ mengharapkan, peringatan Maulid Nabi Muhammad saw hari ini (14/1/2021) yang dilaksanakan di kampus STAI-PTIQ dapat membawa makna bagi kita semua untuk memperbaiki diri agar lebih baik ke depannya.

Sebagaimana sabda Nabi Muhammad saw, “Khairunnas anfa’uhum linnas” (sebaik-baik manusia adalah orang yang bermanfaat untuk orang lain).

Program satu gampong satu sarjana secara resmi diluncurkan langsung oleh bupati Aceh Jaya Drs. H. T. Irfan TB, di kampus setempat yang dalam sambutannya menyampaikan bahwa program ini lahir ketika melihat banyak masyarakat yang ada minat belajar, namun belum mampu menyekolahkan anak-anaknya keluar Kabupaten Aceh Jaya.

“Menyangkut program ini saya sudah membuat Perbup dan memerintahkan Sekda untuk mempelajari tindak lanjutnya,” kata Irfan TB.

Lebih lanjut Irfan TB mengatakan bahwa program ini langsung direalisasikan pada tahun ini juga, dan kami sangat mendukung untuk pembukaan prodi-prodi baru di STAI-PTIQ yang saat ini memang sedang dalam progres pengusulan pembukaan prodi.

Terutama Prodi Ekonomi Syariah dan PAUD.
Acara tersebut turut dihadiri oleh Wakil Bupati Aceh Jaya, Forkopimda Aceh Jaya, DPRK Aceh Jaya, para Asisten, para SKPK, Para Camat se Aceh Jaya, ketua dan pengurus PGRI Aceh Jaya, para kepala sekolah SMA sederajat, kepala SMP sederajat, Ketua Forum Keuchik, Pimpinan Dayah, dan beberapa Tokoh Aceh Jaya, Adnan NS, Haji Affan, Azwar Thaeb, juga hadir Wakil Koordinator Kopertais Wilayah V Aceh, Drs. Fuadi, M.Ag., Wakil Ketua I STIS NU Aceh Tgk Dr. Fakhrul Rijal, S.Pd.I., MA., Ketua Prodi PAI STAI Tgk. Chiek Pante Kulu Tgk. Lismijar, MA, dan Sekretaris PERGUNU Banda Aceh Tgk. Ismail Darimi, S.Pd.I., M.Ag., serta para Dosen, Mahasiswa dan Masyarakat setempat.

  • Whatsapp

Related posts