Bakti Sosial dan mendongeng untuk korban Banjir Pirak Timu, Aceh Utara

  • Whatsapp

Aceh Utara, Banjir yang menerpa di sejumlah wilayah Kabupaten Aceh Utara kini masih menyisakan genangan air bercampur lumpur dipermukiman rumah warga.
Salah satunya di Gampong Bungoeng, Kecamatan Pirak Timu.

Desa ini merupakan salah satu desa yang terparah terkena banjir dengan ketinggian air mencapai 1,60 m. Ditengah malam gelap gulita, karena padamnya listrik para pengungsi harus berjalan perlahan menuju Menasah yang merupakan satu-satunya tempat yang dijadikan tempat pengungsian. Desa yang juga jauh dari akses jalan raya, mengakibatkan para pengungsian sempat terisolir dan terlambat mendapatkan bantuan.

Read More





Walaupun saat ini banyak dari para pengungsi telah kembali ke rumah masing-masing namun dan banjir sudah mulai surut namun air masih tetap mengenangi rumah warga. Saat ini warga sangat kesulitan air bersih.

Yayasan Kesejahteraan Masyarakat Aceh (YAKESMA), bersama dengan Forum Taman Bacaan Masyarakat Aceh (FTBM), TBM Ar-ARRASYID, Prodi/Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) IAIN Langsa dan PSGA LP2M UIN Ar-ARANIRY, terpanggil untuk melakukan bakti sosial dan mendongeng bagi anak anak terdampak banjir di desa Bungong, Pirak Timu, Minggu (13/12/2020).

Koalisi gerakan bakti sosial dan mendongeng ini mengumpulkan sejumlah dana dari bantuan dermawan untuk disampaikan kepada korban banjir, diantaranya: sembako, poly-tank, baju layak pakai dan makanan ringan yang sangat di butuhkan oleh masyarakat setempat. Kondisi banjir yang terus pasang surut telah mengakibatkan kerugian yang tidak terhingga kepada warga setempat.

Seluruh padi yang tersimpan dirumah warga juga ikut terimbas banjir, hewan ternak, serta kendaraan roda dua.Terpantau di lapangan, sejumlah rumah juga masih tergenang air hampir selutut orang dewasa.
Koalisi bersama ini merupakan realisasi dari butir butir MOU/MOA antara Lembaga; Yakesma, FTBM Aceh, Prodi PAI IAIN Langsa, TBM Ar-ArRasyid dan PSGA UIN Ar-RAniry Aceh.

Relawan yang bergerak dari Banda Aceh, Aceh Utara, Langsa dan Aceh Tamiang, saling berbaur dengan masyarakat desa Bungong, terutama anak anak yang sangat antusias dengan program mendongeng.

Ketua Umum Yayasan Kesejahteraan Masyarakat Aceh (Yakesma), yang juga ketua umum Forum Taman Bacaan Masyarakat (FTBM) Provinsi Aceh, Alfiatunnur, M.Ed, serta Nazliati, M.Ed Ketua Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) IAIN Langsa, yang turut berhadir dalam bakti sosial kali ini, siap berkomitment untuk terus bersama membantu masyarakat yang membutuhkan, terutama untuk kegiatan yang berhubungan dengan anak anak dan Pendidikan, baik Pendidikan umum maupun pendidikan agama.

Hal senada juga disampaikan oleh Eni Darlia, STP, sebagai relawan dan ketua TBM Ar-ARRasyid berserta Ibu Venny dari Dinas Perpustakaan Aceh Tamiang, yang hadir sebagai pendongeng, menyatakan kesiapannya untuk terus hadir di garda terdepan dalam menyampaikan pesan moral kepada anak anak melalui mendongeng.

Sementara itu, Sekdes Gampong Bungoeng Pirak Timu Munir menyampaikan terima kasih kepada seluruh tim yang telah meringankan beban warganya.

“Kami sebagai masyarakat Gampong Bungong sangat berterima kasih atas bantuannya, karena ini sangat meringankan beban kami selama ini, mengingat selama banjir ini, kegiatan masyarakat tidak dapat beraktifitas seperti biasanya,”tukasnya.(Syahrial).

Alfiatunnur dan Nazliati menambahkan, Jika kerjasama ini telah memberi kesan yang sangat positive, dimana relawan dan akademisi berbaur untuk kebaikan masyarakat. “ Untuk itu kami aturkan terima kasih untuk kesempatan bersama ini dan atas kepercayaan dermawan terhadap gerakan yang kita gagas bersama ini.

Semoga di lain waktu kita bisa duduk bersama pemerintah daerah, tidak hanya untuk membantu para korban, akan tetapi juga ikut membantu menyumbang pemikiran, bagaimana melakukan pencegahan, atau mengurangi bencana setiap tahun nya. “ Bersama kita bisa untuk Aceh Lebih baik”.

Related posts