Bakti Sosial dan mendongeng untuk korban Banjir Pirak Timu, Aceh Utara

  • Whatsapp

Aceh Utara, Banjir yang menerpa di sejumlah wilayah Kabupaten Aceh Utara kini masih menyisakan genangan air bercampur lumpur dipermukiman rumah warga.
Salah satunya di Gampong Bungoeng, Kecamatan Pirak Timu.

Desa ini merupakan salah satu desa yang terparah terkena banjir dengan ketinggian air mencapai 1,60 m. Ditengah malam gelap gulita, karena padamnya listrik para pengungsi harus berjalan perlahan menuju Menasah yang merupakan satu-satunya tempat yang dijadikan tempat pengungsian. Desa yang juga jauh dari akses jalan raya, mengakibatkan para pengungsian sempat terisolir dan terlambat mendapatkan bantuan.

Bacaan Lainnya

Walaupun saat ini banyak dari para pengungsi telah kembali ke rumah masing-masing namun dan banjir sudah mulai surut namun air masih tetap mengenangi rumah warga. Saat ini warga sangat kesulitan air bersih.

Yayasan Kesejahteraan Masyarakat Aceh (YAKESMA), bersama dengan Forum Taman Bacaan Masyarakat Aceh (FTBM), TBM Ar-ARRASYID, Prodi/Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) IAIN Langsa dan PSGA LP2M UIN Ar-ARANIRY, terpanggil untuk melakukan bakti sosial dan mendongeng bagi anak anak terdampak banjir di desa Bungong, Pirak Timu, Minggu (13/12/2020).

Koalisi gerakan bakti sosial dan mendongeng ini mengumpulkan sejumlah dana dari bantuan dermawan untuk disampaikan kepada korban banjir, diantaranya: sembako, poly-tank, baju layak pakai dan makanan ringan yang sangat di butuhkan oleh masyarakat setempat. Kondisi banjir yang terus pasang surut telah mengakibatkan kerugian yang tidak terhingga kepada warga setempat.

Seluruh padi yang tersimpan dirumah warga juga ikut terimbas banjir, hewan ternak, serta kendaraan roda dua.Terpantau di lapangan, sejumlah rumah juga masih tergenang air hampir selutut orang dewasa.
Koalisi bersama ini merupakan realisasi dari butir butir MOU/MOA antara Lembaga; Yakesma, FTBM Aceh, Prodi PAI IAIN Langsa, TBM Ar-ArRasyid dan PSGA UIN Ar-RAniry Aceh.

Relawan yang bergerak dari Banda Aceh, Aceh Utara, Langsa dan Aceh Tamiang, saling berbaur dengan masyarakat desa Bungong, terutama anak anak yang sangat antusias dengan program mendongeng.

TOKO CCTV
Melayani Penjualan & Pemasangan CCTV / Security System Wilayah Aceh
+62812 6461 7339

Jasa Pembuatan Website SEO Personal / Instansi / Kantor / Sekolah
+6252 1150 5391

Pos terkait