Misi Kemanusiaan, IMPELMA Banda Aceh Salurkan Bantuan Korban Banjir Matangkuli

  • Whatsapp

“Misi Kemanusiaan Menyalurkan 475 Kg Beras, 120 Kg Minyak goreng Sovia, 105 Kardus Indomie, 50 Kg Gula dan 20 Papan Telur, serta beberapa barang lainnya”

Aceh Utara – Bantuan Banjir yang digalang oleh Ikatan Masyarakat Pelajar Matangkuli (Impelma) Banda Aceh mulai hari ini sudah di salurkan di Beberapa titik dalam Wilayah Kecamatan Matangkuli dan Sekitarnya. Kamis (10/12/20).

Read More





Penyaluran bantuan dilakukan melalui Impelma Banda Aceh yang langsung turun ke lokasi banjir, kemudian dibagi rata untuk dayah-dayah yang terdampak banjir.

Ini merupakan bantuan tahap pertama dan merupakan wujud kepedulian para mahasiswa dan Pemuda Matangkuli Aceh Utara di Banda Aceh yang disalurkan selama dua hari sejak Rabu,(09/12) hingga Kamis (10/12/20).

Koordinator Impelma Peduli, Masykur Akhyar didampingi Andi Miswar mengatakan bahwa bantuan yang disalurkan tersebut merupakan bantuan tahap pertama yang di Galang dari hasil donasi dan terkumpul via Impelma Banda Aceh.

“Yang kita salurkan ini adalah hasil donasi yang terkumpul tahap pertama, yang kami galang sejak hari pertama banjir di Aceh Utara, Sabtu 05 Desember 2020 hingga selasa 08 Desember 2020 dan mulai kita salurkan pada Rabu (10/10)” Ujar Masykur

Selain Itu Al fadil Muhammad S.Pd.I, didampingi Wahyudi Harun ST, juga menambahkan bahwa bantuan kali ini sebagai penyaluran tahap pertama yang dikhususkan ke beberapa Lembaga Pendidikan Agama Islam atau Dayah yang disebabkan terbatasnya Bantuan yang ada sehingga tidak akan dapat mencukupi apabila dibagi ke seluruh Desa dalam wilayah kecamatan Matangkuli yang berjumlah 49 Desa.

“Hampir semua Desa yang ada di Matangkuli tergenang banjir, maka bantuan tahap pertama ini kami fokoskan penyalurannya ke beberapa dayah dan Beberapa Tgk dan Abu yang mudah-Mudahan dapat bermanfaat bagi seluruh santri dan Masyarakat yang ada” Tegas Masykur

Sementara itu, Ketua Impelma Banda Aceh, Rifki Ismail, S.Ag mengatakan bahwa kegiatan Impelma peduli banjir tersebut bisa terlaksana dengan adanya dukungan dan bantuan dari seluruh donatur yang menjadi dermawan via Impelma Banda Aceh.

Sebagai wujud peduli kemanusiaan, mahasiswa dan pemuda Matangkuli yang saat ini berada di Banda Aceh pun ikut peduli dan hadir untuk meringankan beban para masyarakat yang sedang di timpa musibaah banjir.

Rifki menambahkan, Peran Donatur dalam kegiataan ini adalah penentu jalannya kegitan yang direncanakan, maka kami atas nama pengurus Impelma Banda Aceh hanya menjadi fasilitator tempat donasi, untuk selanjutnya kami melakukan penyaluran agar terlaksana secara baik dan sempurna serta tepat sasaran” Ujar Rifki

Selain Itu Rifki juga menyampaikan bahwa Donasi masih dibuka, Donasi Bisa Berupa Barang dan Uang Tunai dalam Bentuk Apapun yang Langsung bisa disalurkan Via Rek. Bank Aceh : 01302406600320 atas nama Impelma Banda Aceh atau Atau Donasi Dapat Kami Jemput langsung Dalam Wilayah Banda Aceh. Bantuan donasi juga bisa melalui Koordinator Banda Aceh Masykur Akhyar dan Andi Miswar Telp/Wa 085 373 137319 – 081310545934.

“Kami juga sangat berharap, kegiatan ini dapat menjadi motivasi, inspirasi dan energi tambahan kepada kita para pemuda hebat selaku penggerak kegiatan sosial dan kegiatan berbasi kreativitas lainnya Sebagai pemuda pelopor utama menuju Aceh hebat dan bermartabat,” tutup Rifki

Seperti diketahui sebelumnya, Sejumlah kecamatan di Aceh Utara dikepung banjir, sejak Sabtu (5/12/2020) dan Sekurangnya 4.518 jiwa terpaksa mengungsi ke beberapa lokasi yang lebih aman.

Menurut Informasi Ikatan Pekerja Sosial Masyarakat (IPSM) Aceh Utara, kawasan terparah banjir terjadi di Kecamatan Matang Kuli dan Langkahan. Banjir terjadi akibat luapan sungai yang melintasi dua kecamatan tersebut.

“Sampai pukul 14.00 WIB, keluarga yang mengungsi mencapai 1.430 KK,” jelas Ketua IPSM Aceh Utara, Muktaruddin. Sedikitnya 4.518 jiwa terpaksa mengungsi ke lokasi yang lebih aman.

Sejak sehari sebelumnya, curah hujan tinggi di Aceh Utara. Akibatnya, sejumlah pemukiman di kecamatan lain juga terendam banjir. Diantaranya Kecamatan Cor Girek, matang kuli, Pirak timu, Seunuddon dan Baktiya. (RB)

Related posts