Di Aceh, Puncak Hari Pers Nasional Diperingati di Kapal Aceh Hebat 2

  • Whatsapp

Banda Aceh – Puncak Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2021 diperingati oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) wilayah Aceh di KMP Aceh Hebat 2 di perairan Ulee Lheue, Banda Aceh, Selasa (9/2/2021). Kegiatan itu turut dihadiri Sekda Aceh Taqwallah beserta unsur Forkopimda Aceh serta Ketua Tim Penggerak PKK Aceh, Ny Dyah Erti Idawati.

Puncak peringatan HPN itu digelar serentak se Indonesia, dimana Presiden Joko Widodo (Jokowi) turut hadir dan memberi sambutan melalui video converence (Vidcon) dari Istana Negara, kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta.
Kegiatan itu juga diikuti para Gubernur di Indonesia, termasuk Gubernur Aceh Nova Iriansyah yang mengikuti jalannya upacara itu melalui video conference.

Di KMP Aceh Hebat 2, acara dimulai dengan mendengar pidato Presiden Jokowi sebelum kemudian kapal bergerak menyusuri perairan Ulee Lheue. Sebelumnya pembawa acara dari Jakarta sempat menyapa beberapa Ketua PWI propinsi, termasuk Ketua PWI Aceh,Tarmilin Usman.

Presiden Jokowi dalam pidatonya mengucapkan terima kasih atas peran pers yang selama ini telah mendukung pemerintah dengan membantu melakukan edukasi protokol kesehatan Covid-19.

Presiden Jokowi juga mengapresiasi insan pers Indonesia yang tetap bekerja keras mengabarkan setiap perkembangan terkait pandemi Covid-19. Pers juga disebut telah mengambil peran utama dalam menjembatani komunikasi antara pemerintah dan masyarakat. “Saya mengucapkan selamat Hari Pers Nasional kepada seluruh insan pers Indonesia, dimanapun Bapak dan Ibu berada,” ujar Jokowi yang disambut antusias para insan pers di KMP Aceh Hebat 2.

Sementara itu, usai pidato Presiden, KMP Aceh Hebat 2 yang semula bersandar di dermaga Ulee Lheue terlihat mulai bergerak keluar pelabuhan dan menyusuri perairan di sekitar Ulee Lheue. Para penumpangnya adalah keluarga besar PWI Aceh yang dipimpin Tarmilin Usman.

Selain itu adalah unsur Forkopimda Aceh, anggota DPR RI Nasir Djamil, Bupati Aceh Barat Ramli MS, Bupati Gayo Lues Muhammad Amru, Wakil Walikota Sabang Suraji, Asisten Administrasi Umum Iskandar, Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Aceh Muhammad Iswanto, Kepala Dinas Perhubungan Aceh Junaidi, Kepala Dinas Informasi Komunikasi dan Persandian Marwan Nusuf serta para undangan lainnya.

PWI Anugerahkan Gubernur Aceh Sebagai Pemimpin Inovatif dan Peduli Pers
Sebelumnya, pada Senin (8/2/2021) malam, PWI Aceh juga menggelar Malam Anugerah PWI Aceh di Anjong Mon Mata, komplek Meuligoe Gubernur Aceh. Dalam kegiatan itu PWI Aceh menganugerahkan Gubernur Aceh Nova Iriansyah sebagai Pemimpin Inovatif dan Peduli Pers.

Selain Gubernur, sejumlah tokoh dan pengurus PWI kabupaten/kota juga menerima anugerah dari PWI Aceh. Berikut ini adalah daftar penerima Anugerah PWI Aceh tahun 2021.

Anugerah PWI Aceh Kategori Prestasi diberikan kepada PWI Aceh Utara, PWI Aceh Tamiang, PWI Subulussalam, PWI Sabang dan PWI Aceh Tenggara, Bustamam Aly, TM Yusuf dan Tgk Muhammad Yusuf A Wahab atau yang akrab disapa Tu Sop.

Anugerah PWI Aceh Kategori Sahabat PWI diberikan kepada Teuku Nurmahdi, Haizir Sulaiman, Makmur Budiman, Aminullah Usman, Nazaruddin, Ramli MS, Akmal Ibrahim, Irfan TB dan Muhammad Amru.

Anugerah PWI Aceh Kategori Sahabat PWI juga diberikan kepada Salim Fakhry, Nasir Djamil, Dahlan Jamaluddin, Mayjen TNI Acmad Marzuki, Irjen Pol Wahyu Widada, Muhammad Yusuf.

Sedangkan Anugerah PWI Aceh Kategori Tokoh Pers, diberikan kepada tokoh pers Aceh yang juga Pemimpin Umum Harian Serambi Indonesia Sjamsul Kahar.[]

  • Whatsapp

Related posts