Festival Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Ar-Rasyid VII

  • Whatsapp
  • Oleh: Alfiatunnur.

Santerdaily.com – Festival Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Ar-Rasyid, adalah kegiatan tahunan yang dilaksanakan oleh TBM Ar-Rasyid, dimana kegiatan ini biasa nya di laksanakan di setiap akhir Maret atau pertengahan April pada setiap tahunnya, yang dimulai sejak tahun 2013.

Tahun ini, 2020, TBM Ar-RASYID, juga telah menyiapkan kegiatan ini untuk dilaksanakan pada akhir Maret 2020, namun tidak dapat direalisasikan karena factor pandemic covid 19, yang sempat melumpuhkan sejumlah kagiatan, Pendidikan formal, kegiatan perekonomian dan sejumlah kegiatan lainnya.

Bacaan Lainnya

Festival tahunan ini mengusung berbagai tema yang merepresentasikan keberagaman masyarakat dan budaya Indonesia. Target peserta dari festival ini adalah anak anak, usia PAUD hingga SMA dan juga remaja putri serta ibu ibu rumah tangga.

Ada pun cabang perlombaaan dari festival TBM tahun ini adalah: hafalan surat pendek dan doa sehari hari, azan, menggambar dan mewarnai, Azan, Nasyid dan fashion show of the books’ lovers.

Dari beragam cabang yang dilomba kan, peserta terbanyak di dominasi pada cabang mewarnai dan Fashion show of the book’ lovers. Dan setiap tahun nya fashion show of the book’s lovers menjadi ajang terfavorit peserta dan penonton, dimana anak anak dan orangtua nya diberi kesempatan untuk berkreasi, dengan tema yang telah ditentukan oleh panitia, dan tetap menghadirkan buku favorit mereka.

Sembari berjalan diatas catwalk, anak anak tersebut diberi kesempatan untuk mengajak penonton membaca buku yang mereka bawa. Outfit dari peserta juga tidak dinilai dari cost yang dikeluarkan oleh peserta, akan tetapi kepiawain mereka memadu bahan sederhana dan tidak keluar dari syarat yang telah ditentukan oleh panitia.

Kemampuan menterjemahkan arahan panitia, adalah hal yang paling penting, ini menunjungkan ketajaman si anak dalam memahami instruksi. Pemahaman adalah bagian penting dari literasi itu sendiri, dan melalui festival ini, pegiat TBM Ar-Rasyid mempunyai cara tersediri dalam mengembangkan literasi.

Festival ini awalnya hanya di buka untuk internal TBM Ar-Rasyid, namun seiring dengan waktu kegiatan ini berkembang, dan telah mempu memotivasi peserta dari lokasi lain di Banda Aceh dan Aceh Besar.

Peserta itu sendiri, dapat di daftar oleh Lembaga yang menaungi mereka, contoh PAUD atau TPQ, atau komunitas dan dapat juga didaftarkan oleh pribadi atau keluarga.

Meskipun pandemic, animo masyarakat untuk berpartisipasi dalam kegiatan Festival ini cukup tinggi, dimana panitia mencatat jumlah peserta yang mendekati angka 200 orang.

Meskipun jumlah ini dibawah jumlah peserta pada kondisi normal, namun panitia pelaksana dapat merasakan semangat anak anak pada festival ke VII tahun 2020, yang dilaksanakan di TBM Ar-ARRASYID- YAKESMA ACEH, di Dusun Lambateung-Kajhu, kecamatan Baitussalam, Kab Aceh Besar, pada sabtu, 28 November 2020.

Festival Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Ar_RAsyid, merupakan bentuk komitment TBM Ar-RAsyid untuk secara terus menerus berjuang bagi kemajuan literasi di Aceh dan memberi akses yang tidak berujung kepada mereka yang membutuhkan.

Festival itu sendiri adalah satu program tahunan yang akan terus di laksanakan pada setiap tahunnya dengan mengusung tema yang berbeda. Eni Darlia, ketua TBM Ar-RAsyid, menyampaikan terima kasih dan rasa bahagia yang tidak terhingga untuk panitia, yang merupakan relawan yang tetap setia dalam melaksanakan kegiatan kegiatan bersama TBM Ar-ArRasyid, juga para peserta yang dengan tertib mengikuti kegiatan festival tahun 2020, yang tetap mengedepan kan factor Kesehatan. Salam LIterasi!

Pos terkait