Ketua BKPRMI Aceh: Ramadhan Tiba, Pengurus Masjid harus Lakukan perbaikan Manajemen Pengelolaan Masjid

  • Whatsapp

Ramadhan bulan penuh berkah, didalamnya manusia dituntut untuk melakukan perbaikan dan meningkatkan keimanan serta ketakwaan. Salah satu momen terbaik dibulan ramadhan adalah melakukan perbaikan manajemen pengelolaan masjid.

Menurut Dr. Mulia, masjid sebagai rumah Allah menjadi incaran umat manusia untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan dibulan ramadhan, maka tentu masyarakat akan mencari dimana masjid-masjid yang secara pelayanan dibulan ramadhan memberikan hal-hal terbaik untuk kenyamanan dalam ibadah. Hal tersebut dilakukan oleh masyarakat, karena selain menyadari ramadhan cuma satu tahun sekali, inilah momentum luar biasa yang Allah berikan kepada manusia untuk menambah amalan kebaikan berlipat ganda dalam kehidupan, serta menghapuskan dosa-dosa ringan di tahun yang lalu.

Menurut ketua BKPRMI Aceh, ini merupakan tantangan yang sangat besar bagi pengurus masjid yaitu Badan Kemakmuran Masjid (BKM) dan Remaja Masjid, untuk berbenah dalam peningkatan kemakmuran masjid. Jika mungkin selama ini pengurus masjid ada mengikuti pelatihan-pelatihan takmir masjid baik yang dilakukan oleh pemerintah atau lembaga masyarakat lainnya, maka momentum ramadhan menjadi momentum yang sangat tepat untuk mengaplikasikan ilmu-ilmu yang didapat saat pelatihan dan pembinaan tersebut, bahkan jika itu tidak diterapkan merupakan suatu kerugiaan bagi peserta dan masjid tersebut.

Ketua BKM selaku orang yang bertanggungjawab dalam kemakmuran masjid harus memanggil kembali utusan-utusan yang dikirim sebagai peserta pelatihan untuk menggali informasi pelatihan dan mengajak seluruh pengurus lainnya untuk terlibat dalam perbaikan pengelolaan masjid dari informasi yang didapat, bahkan jika diperlukan apabila ada pengurus BKM yang tidak mau ikut dalam perbaikan pengelolaan manajemen masjid, maka sudah saatnya diberhentikan, dan bagi remaja masjid selaku anak-anak muda yang siap membantu BKM dalam memakmurkan masjid, agar dirangkul dan diberi pembinaan agar selalu istiqamah berada di masjid. Bagi gampong-gampong yang belum ada remaja masjid agar segera dibentuk, apabila mengalami kendala karena kurang memahami maka dapat menghubungi BKPRMI setempat selaku wadah komunikasi pemuda remaja masjid yang ada di 23 kabupaten kota, tutur Dr. Mulia.
Ketiadaan remaja masjid di gampong-gampong merupakan suatu kelemahan dan kelapaan, karena masjid membutuhkan pemuda-pemudi di garda terdepan untuk menjalankan syariat Islam dan membangun Aceh masa depan.

  • Whatsapp

Related posts