PGRI-IGTKI Aceh Besar Gelar Webinar Pembelajaran STEAM

  • Whatsapp

ACEH BESAR—PGRI Aceh Besar bekerjasama dengan IGTKI Aceh Besar menggelar webinar Pembelajaran PAUD Berbasis STEAM dalam Kenormalan Baru, Selasa (7/7/2020).

Plt Ketua PGRI Aceh Besar, Agus Jumaidi MPd didampingi Sekretaris, Munadi SPdI MPd mengatakan peserta yang mengikuti webinar ini adalah Kepala dan Guru TK se-Aceh Besar sebanyak 120 orang. Pemateri merupakan Dosen Prodi PIAUD UIN Ar Raniry, Dewi Fitriani MEd.

Read More



“Webinar dibuka oleh Ketua Biro Pengembangan Karir PGRI Aceh, Dr Juanda SE MM, ” katanya.

Dalam sambutannya, Juanda mengatakan STEAM singkatan dari Science, Technology, Engineering, Arts dan Mathematics.

Menurutnya metode STEAM ini mengajarkan anak pada kelima hal sekaligus melalui metode belajar yang lebih menyenangkan bagi anak. Metode STEAM ini penting untuk melatih anak berpikir secara kritis serta membangun cara berpikir logis dan sistematis.

Lebih lanjut Juanda menuturkan melalui metode ini anak akan belajar tanpa menyadari bahwa dirinya sedang belajar, karena STEAM dikemas dalam bentuk permainan menyenangkan bagi anak.

“Metode STEAM ini juga sangat erat kaitannya dengan pembelajar abad 21, karena lewat metode STEAM, anak-anak akan bermain permainan yang memiliki nilai edukasi,” ungkapnya.

Lebih lanjut katanya, dengan metode STEAM orangtua akan diajarkan bagaimana membuat aktivitas bermain bersama anak di rumah saat liburan, saat sedang turun hujan dan tidak bisa pergi kemana-mana seperti keadaan covid 19 saat ini.

Juanda mencontohkan, ketika kita membuat kopi, anak –anak ikut membuat, ketika kita mencuci mobil/ motor anak-anak juga mengikuti yang kita lakukan. “Inilah beberap contoh kontekstual mereka belajar tanpa menyadari bahwa mereka sedang belajar,” imbuhnya.



Related posts

Paris

Paris