UIN Ar-Raniry dan 15 Kabupaten Kota di Aceh Tandatangani MoU PPG

  • Whatsapp

Banda Aceh – Dalam upaya peningkatan kualitas guru Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN Ar-Raniry) dan Pemerintah melalui Dinas Pendidikan dari 15 kabupaten/kota di Aceh menandatangani  Momerandum Of Understanding (MoU) Pelaksanaan Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Pendidikan Agama Islam 2021.

Penandatanganan MoU yang difasilitasi Kemenag Aceh tersebut dilakukan di Aula Kanwil Kemenag Aceh, Selasa, 25 Mei 2021.

Read More

Kerjasama tersebut ditandatangani sejumlah  Kepala Dinas Pendidikan dan Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry, Dr Muslim Razali SH MAg dan disaksikan Kakanwil Kemenag Aceh Dr H Iqbal SAg MAg, Kabid PAI H Muntasyir SAg MA dan para Kakankemenag Kabupaten/Kota.

Turut serta dalam kegiatan tersebut, Kakankemenag Kabupaten/Kota, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, dan Kepala Cabang Dinas Pendidikan.

Saat ini, tercatat ada 10.818  guru PAI yang tersebar di  5828 sekolah dalam provinsi Aceh yang terdiri dari 5.160 PNS dan 5.480 Non-PNS.

Kakanwil Kemenag Aceh, Dr H Iqbal SAg MAg mengatakan, Kementerian Agama memandang penting keberadaan guru PAI. Kemenag juga terus berupaya dalam peningkatan kesejahteraan guru PAI.

“Ini sesuai dengan visi misi Kemenag RI dimana salah satunya adalah peningkatan layanan PAI yang hari ini termasuk di Kemenag juga diurus oleh satu direktur dan setiap satu Kanwil diurus oleh satu kepala bidang kemudian turunannya di kabupaten/kota juga diurus oleh Kasi Pendis/Pakis,” katanya.

“Menandakan bahwa kemenag RI dan jajarannya sangat konsen dan sangat peduli dengan pendidikan terutama PAI, tanpa membedakannya dengan madrasah,” ujarnya lagi.

Iqbal mengatakan, program PPG  menjadi penting dalam peningkatan kualitas guru PAI yang akan memberi dampak yang baik untuk para siswa di sekolah-sekolah.

“Guru PAI dapat mengembangkan potensinya sehingga dengan pengembangan potensinya mereka bisa mendapatkan sertifikasi yang dialokasikan untuk guru PAI,” katanya.

Sementara itu, Wakil Rektor 3 UIN Ar-Raniry Dr Saifullah Mhum mengatakan, pihaknya bersama Kemenag Kabupaten/Kota dan Dinas Pendidikan akan terus berupaya dalam meningkatkan kualitas guru PAI salah satunya melalui kerjasama pelaksanaan PPG PAI.

“Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan mutu guru hari ini. Butuh kerjasama untuk meningkatkan mutu guru di Aceh. Apa yang kami lakukan harus ada koneksi langsung dengan bapak/ibu,” ujarnya.

Ia berharap dengan program PPG kualitas guru PAI dapat meningkat.

“Dengan usaha dan doa kita bersama guru kita profesional dan proporsional,” ungkapnya.[]

Related posts