Unsyiah dan ITB Sepakat Lanjutkan Kerja Sama

  • Whatsapp

Banda Aceh,santerdaily.com – Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) dan Institut Teknologi Bandung (ITB) sepakat untuk melanjutkan kerja sama di bidang tridarma perguruan tinggi. Kesepakatan ini dituangkan dalam nota kesepahaman yang ditandatangani oleh Rektor Unsyiah, Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng dan Rektor ITB, Prof. Reini Wirahadikusumah, Ph.D secara virtual dari dua lokasi berbeda, Banda Aceh dan Bandung, Kamis (9/3/2020).

Baca juga : Prihatin Penanganan Covid

Program-program kerja sama nantinya mencakup bantuan dan pertukaran tenaga ahli, pencangkokan dan pemagangan, lokakarya, survei, seminar, pameran, kegiatan dan penelitian ilmiah, hingga penggunaan laboratorium, perpustakaan, dan fasilitas lainnya.

Prof. Samsul mengatakan kerja sama hari ini merupakan perpanjangan dari kerja sama yang telah terjalin sejak lama oleh kedua institusi tersebut. Sebagai salah satu universitas tertua dan terbaik di Indonesia, Unsyiah merasa kerja sama dengan ITB menjadi sangat penting.

Sebab ada banyak keunggulan yang dimiliki perguruan negeri tersebut, sehingga menjadi rujukan bagi pengembangan Unsyiah ke depan. Terlebih lagi saat ini, Unsyiah sedang mempersiapkan digitalisasi ijazah dan PTN Badan Hukum yang telah lama dimulai oleh ITB.

“Unsyiah merasa perlu banyak belajar dari ITB untuk pengembangan kampus ini agar menjadi lebih baik,” ujar Prof. Samsul.

Ia juga mengundang para mahasiswa ITB untuk dapat kuliah satu semester di Unsyiah agar dapat mengenal Aceh lebih dekat. Program ini mudah untuk dilaksanakan, sebab Fakultas Teknik dan FMIPA Unsyiah, yang merupakan bidang studi yang dekat dengan ITB telah terakreditasi A. Bahkan, pihaknya siap menyediakan asrama untuk memudahkan program ini berjalan.

Sementara itu, Rektor ITB Prof. Reini mengatakan pihaknya berupaya untuk selalu memperluas kerja sama sebagai upaya menjawab kesenjangan antara timur dan barat atau antara Pulau Jawa dan luar Pulau Jawa. Perguruan tinggi menurutnya, memiliki peran besar untuk menghadirkan solusi bagi permasalahan bangsa.

Ia juga mengungkapkan kebanggaannya sebab banyak alumni ITB yang menjadi dosen di Unsyiah.  Ia berharap mereka dapat meneruskan tradisi ini dan menjadikan Unsyiah sebagai PTN dengan atmosfer akademik yang baik, kritis, dan juga visioner

  • Whatsapp

Related posts