Unsyiah dan PT ASN Jalin Kerja Sama Bidang Pendidikan

  • Whatsapp

BANDA ACEH—Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) dan PT Agro Sinergi Nusantara (PT ASN) menandatangani MoU kerja sama di bidang pendidikan, penelitian, praktik lapangan, magang, dan proses rekrutmen tenaga kerja. Kerja sama ini ditandatangani oleh Rektor Unsyiah, Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng dan Direktur Utama PT ASN, Mahdi Al Haris, S.P., M.M. secara virtual, Rabu (15/7/2020).

Prof. Samsul mengapresiasi kerja sama ini yang membuka peluang bagi mahasiswa dan alumni Unsyiah untuk berkarier di perusahaan perkebunan tersebut. Sejak tahun 2017, telah banyak mahasiswa Unsyiah yang menjalani praktik kerja lapangan di perusahaan PT ASN. Kerja sama ini lanjutnya juga bagian dari penerapan Kampus Merdeka yang menjadi salah satu program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Dengan praktik lapangan dan magang, mahasiswa dituntut bukan hanya belajar di kelas, tetapi juga di lapangan sehingga saat lulus nanti mampu bersaing.

Read More



“Kampus Merdeka memberi porsi besar bagi mahasiswa untuk lebih banyak di lapangan untuk mengecap pendidikan secara praktik,” ujar Prof. Samsul.

Ia berharap kerja sama ini juga memberi kesempatan lebih banyak bagi mahasiswa untuk meningkatkan kemampuannya. Bahkan, tak tertutup kemungkinan kerja sama ini diperluas mencakup bidang lainnya, terutama bidang penelitian. Prof. Samsul menyebutkan saat ini, Unsyiah memiliki ratusan doktor dengan berbagai disiplin ilmu. Termasuk di antaranya bidang pertanahan hingga pemupukan. Keahlian ini lanjutnya, dapat dimanfaatkan untuk meneliti tanaman, termasuk pohon sawit yang menjadi konsentrasi usaha PT ASN. Menurut Prof. Samsul, banyak sisa buangan sawit dapat diolah menjadi energi baru dan hal-hal produktif lainnya. Ini dapat memberikan nilai tambah dan membawa manfaat bagi masyarakat.

Sementara itu, Dirut PT ASN Mahdi Al Haris mengatakan, kerja sama ini merupakan bagian dari mencetak generasi berkualitas yang mampu bersaing di dunia industri. Ia menyebutkan, saat ini perusahaannya menerima mahasiswa magang dari jurusan pertanian dan teknik. Tak tertutup kemungkinan mahasiswa yang memiliki kualifikasi dan bekerja dengan baik dijadikan karyawan tetap. Ia juga berjanji kerja sama ini diperluas mencakup berbagai bidang lainnya, termasuk penelitian.

Dekan Fakultas Pertanian, Prof. Dr. Ir. Samadi, M.Sc mendukung kerja sama ini yang dinilainya sangat bagus mewujudkan program Kampus Merdeka. Pihaknya pun menyambut baik jika kerja sama diperluas ke bidang penelitian. Sebab fakultas yang ia pimpin memiliki banyak jurusan ilmu pertanian dan perkebunan. Ini juga didukung dengan kapasitas para ahli, serta laboratorium yang mumpuni.

Related posts