Unsyiah Rilis Buku Kisah Mahasiswa Bidikmisi

  • Whatsapp

BANDA ACEH–Universitas Syiah Kuala Banda Aceh melalui Unsyiah Press menerbitkan buku kumpulan kisah para mahasiswa bertajuk “Menggapai Asa Mewujudkan Impian-Kisah Para Pejuang Bidikmisi”. Buku ini berisikan puluhan kisah yang ditulis oleh mahasiswa Unsyiah penerima beasiswa Bidikmisi yang notabenenya merupakan mahasiswa berprestasi dan berasal dari keluarga kurang mampu.

Rektor Unsyiah, Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng mengatakan, terbitnya buku ini merupakan bagian dari geliat literasi yang sedang digiatkan Unsyiah. Kampus ini lanjutnya, berusaha untuk selalu menampung semua kreativitas yang dimiliki para sivitasnya, tak terkecuali dari mahasiswa. Ia pun berharap kehadiran buku ini mampu memberikan inspirasi bagi mereka yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi, terutama bagi mereka yang berasal dari keluarga kurang mampu.

Read More



“Buku ini mengajarkan bagi kita bahwa keterbatasan bukanlah alasan untuk berhenti mengejar mimpi dan cita-cita,” ujar Rektor.

Kepala Biro Kemahasiswaan dan Alumni Unsyiah, Dr Mustafa Sabri selaku inisiator mengatakan, ide untuk melahirkan buku ini berawal dari aktivitasnya di Biro Kemahasiswaan Unsyiah selama proses seleksi calon penerima beasiswa tersebut mulai dari seleksi administrasi hingga verifikasi lapangan ke rumah yang bersangkutan. Selama proses itulah ia melihat betapa kompleksnya kehidupan para mahasiswa tersebut yang selama ini terbelenggu oleh kemiskinan. Pendidikan akan menjadi cahaya bagi mereka untuk keluar dari kondisi tersebut.

“Misalnya, saat proses wawancara berlangsung ada mahasiswa yang menangis tersedu-sedu saat menyatakan keinginannya untuk kuliah, tetapi terkendala oleh biaya. Akhirnya saya berpikir, kisah-kisah di balik meja ini harus diketahui oleh publik sebagai salah satu sumber inspirasi di bidang pendidikan,” kata Mustafa, Senin (29/6/2020).

Mustafa mengatakan, proses lahirnya buku ini terbilang panjang. Berawal dari penyeleksian naskah yang jumlahnya ribuan oleh para editor yang digawangi dua editor muda Aceh Ihan Nurdin dan Hayatullah Pase untuk memilih lima puluh cerita terbaik. Selanjutnya para mahasiswa yang ceritanya terpilih diberikan pembekalan singkat oleh editor untuk melengkapi kisahnya sesuai dengan kisi-kisi yang sudah ditentukan agar sesuai harapan.

“Kami senang sekali bisa menginisiasi dan menerbitkan buku ini sehingga kisah-kisah para mahasiswa yang menginspirasi ini bisa sampai ke tangan pembaca,” ujarnya.

Buku ini berisikan 42 kisah para mahasiswa yang menceritakan proses perjuangan mereka agar bisa duduk di bangku perguruan tinggi, khususnya bisa menjadi mahasiswa Unsyiah. Kisah-kisah mereka sangat beragam, ada mahasiswa yang orang tuanya menjadi korban konflik, korban tsunami, hingga mahasiswa yang hingga ia dewasa tak mengetahui keberadaan orang tuanya. Kisah-kisah yang mengaduk-aduk emosi dan perasaan.

“Semoga kehadiran buku ini bisa memberikan manfaat bagi kita semua sekaligus membuka ruang batin kita dalam melihat dunia yang kompleks ini dari berbagai sisi. Dengan begitu kehadiran kita menjadi lebih bermakna. Bagi yang tertarik ingin memiliki buku ini sebagai koleksi bisa menghubungi pihak Unsyiah Press di 0852-7654-2729,” ujarnya. []

Related posts