Berbagi dan Beramal di Bulan Ramadhan (Program Unggulan ROHIS SMA Negeri Unggul Pidie Jaya)

  • Whatsapp
  • Oleh: Saifullah, S.Pd.I., MA.
    Guru PAI SMANegeri Unggul Pidie Jaya

Ramadan Daring – Alhamdulillah, dengan izin Allah umat Islam kembali bertemu dengan bulan Ramadhan tahun 1442 H. Bulan yang penuh berkah dan mulia ini hendaknya dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk memperbanyak amalan ibadah di dalamnya.

Di bulan Ramadhan kaum muslimin berlomba-lomba untuk lebih banyak melakukan amalan kebaikan, karena seluruh amal ibadah akan dilipatgandakan pahalanya oleh Allah SWT.

Read More





Momentum Ramadhan tahun ini kembali dimanfaatkan oleh siswa-siswi SMA Negeri Unggul Kabupaten Pidie Jaya untuk melaksanakan program mulia yaitu kegiatan berbagi dan beramal di sekolah. Siswa-siswi yang tergabung dalam bidang Rohani Islam (Rohis) lansung berpatisipasi aktif menjadi pelaksana dan pengelola pada kegiatan berbagi dan beramal di SMA Negeri Unggul Kabupaten Pidie Jaya.

Kedatangan bulan Ramadhan memiliki makna tersendiri bagi siswa-siswi SMA Negeri Unggul Kabupaten Pidie Jaya, di samping melaksanakan ibadah puasa, juga diisi dengan kegiatan berbagi dan beramal berupa santunan anak-anak yatim, piatu, dan yatim piatu di sekolah. Kegiatan yang sudah menjadi kebiasaan mereka setiap bulan Ramadhan dalam dua tahun terakhir ini, merupakan kegiatan pengamalan nilai sikap dari Pendidikan Agama Islam yang mereka pelajari di sekolah. Kegiatan mulia ini bertujuan untuk mendidik dan melatih diri peserta didik memiliki sikap sosial, peduli kepada sesama siswa/siswi anak-anak yatim, piatu, dan yatim piatu, di sekolah.

Program ini merupakan program tahunan Rohis SMA Negeri Unggul Kabupaten Pidie Jaya bekerja sama dengan Sekolah, Dewan Guru, Warga Sekolah, dan Wali Siswa sebagai Donatur utama dalam program ini. Berkat kerja sama dan kekompakan, kegiatan berbagi dan beramal di bulan Ramadhan tahun ini berjalan dengan sukses dan hasilnya Alhamdulillah sangat luar biasa di luar prediksi semua. Total terkumpul sumbangan Infaq dari para Donatur semuanya berjumlah Rp.7.308.000.- (Tujuh Juta Tiga Ratus Delapan Ribu Rupiah).

Dana tersebut merupakan sumbangan ikhlas dari para Donatur, mulai dari sumbangan Siswa-siswi itu sendiri, Kepala Sekolah, Pengawas Pembina, Dewan Guru, Staf/Karyawan SMA Negeri Unggul Kabupaten Pidie Jaya, Wali Siswa, dan Masyarakat sekitar yang ikut juga berpartisipasi dalam program berbagi dan beramal bersama sekolah di bulan Ramadhan tahun ini.

Ibu Hj. Nurjannah, S.Pd. selaku Kepala SMA Negeri Unggul Kabupaten Pidie Jaya sangat mendukung dan mengapresiasi program mulia ini. Alhamdulillah ya Allah, semoga Allah memberikan keberkahan kepada kita semua dan Allah mudahkan jalan kebaikan. Aamin. Terima kasih kepada teman teman semua yg sudah berpartisipasi serta dukungannyayang luar biasa. Khususnya kepada pengelola Rohis SMANegeri Unggul Pidie Jaya atas ide dan gagasanya, semoga kebaikan terus menghampiri kita semua.Terima kasih kepada teman teman saudaraku yg telah ikut mendukung program yang mulia ini, kita mohon kepada Allah agar memberi keridhaannya kepada kita semuajuga diberi kedamaian kepada warga SMA Negeri Unggul Kabupaten Pidie Jaya untuk saling menyayangi, saling mengasihi antar sesama.

Setiap kita berbagi pada hakikatnya harta kita tidak akan berkurang, justru akan bertambah. Berbagi juga merupakan suatu bentuk investasi akhirat. (Pesannya). Pada kesemptan tersebut beliau langsung memberikan buktinyata dalam program ini disamping beliau sendiri sebagai Donaturnya juga mengajak semua keluarga, kerabat, dan anak-anak beliau semuanya menjadi Donatur dalam program mulia ini. Berangkat dari contoh nyata yang dialami sendiri ketika memberikan sedekah kepada salah seorang Muallaf, ketika itu sekitar 200 ribu dan hasilnya tanpa disadari ternyata Allah mengganti lain sedekah tersebut dengan berlipat ganda diluar dugaan yaitu 1 juta Allah ganti dari sedekah 200 ribu yang saya berikan. (Motivasinya).

Harapannya program mulia ini terus digalakkan dan ditingkatkan lagi ke depan. Dengan adanya program ini peserta didik memiliki sikap kepedulian antar sesama, mengurangi beban dengan memberikan santunan kepada anak-anak yatim, piatu, dan yatim piatu, dan mempererat hubungan sosial antar sesama siswa-siswi dalam keluarga besar SMA Negeri Unggul Kabupaten Pidie Jaya.

 

 

 

 

 

 

(Dok)

Kegiatan santunan anak-anak yatim, piatu, dan yatim piatu di SMA Negeri Unggul Kabupaten Pidie Jaya tahun ini dilaksanakan pada hari ke-5 puasa Ramadhan, tepatnya hari Sabtu (17/4/21) dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan, memakai masker, dan menjaga jarak. Ada 39 siswa/siswi yatim, piatu, dan yatim piatu SMAN Unggul Pidie Jaya yang diberikan santunan tahun ini terdiri dari siswa kelas X, XI, dan kelas XII. Santunan yang diberikan berupa baju baru dan mukena bagi perempuan serta paket Ramadhan berupa sirup dan gula untuk keperluan dan kebutuhan mereka di bulan Ramadhan. Santunan tersebut diberikan langsung oleh Kepala SMA Negeri Unggul Pidie Jaya, Ibu Hj. Nurjannah, S.Pd. dan Pengawas Pembina SMA Negeri Unggul Pidie Jaya yaitu Ibu Husniah, S.Pd., M.Pd. didampingi Para Wakil Kepala Sekolah, Bendahara, Kepala Asrama serta Pembina dan Pengurus Rohis SMA Negeri Unggul Kabupaten Pidie Jaya.

(Dok)

Alhamdulillah, program Ramadhan Berbagi dan Beramal tahun ini yang dilaksanakan di SMA Negeri Unggul Kabupaten Pidie Jaya berjalan dengan lancar dan sukses sesuai dengan harapan bersama. Tentunya ini bukanlah semata-mata hasil kerja Pengurus Rohis semata, melainkan merupakan hasil kerja sama semuanya. Oleh karenanya, pada kesempatan ini, kami mengajak seluruh keluarga besar SMA Negeri Unggul Pidie Jaya untuk terus melaksanakan kegiatan yang serupa di masa yang akan datang. Atas nama Pengelola, kami mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya terutama kepada Kepala Sekolah, Para Wakil, Pengawas Pembina, Dewan Guru, Karyawan/i SMA Negeri Unggul Pidie Jaya, para Wali Siswa serta seluruh Para Donatur atas dukungan dan bantuannya.

Semoga kebaikan Para Donatur dalam program berbagi dan beramal ini menjadi amalan yang nilai pahalanya mengalir kepada kita semua dan kepada hamba-hamba Allah yg kita niatkan dalam sedekah ini. Semoga Allah melipat gandakan pahala yang banyak, dimudahkan segala urusan, rizki, diberkahi semua umur kita dalam keimanan, Islam, dan ketaatan kepada Allah SWT.

Semoga ini menjadi hujjah bagi kita kelak di akhirat, dengan setitik bakti untuk meringankan beban siswa/siswi yatim, piatu, dan yatim piatu dengan merasakan kebahagian bersama di bulan Ramadhan tahun ini.

Semoga Allah SWT memilih kita semua sebagai ahli Syurga-Nya dengan washilah amal-amal ini.Aamiin Yaa Rabbal ‘Alamin.

*Penulis : Guru PAI SMANegeri Unggul Pidie Jaya/Pembina ROHIS SMA Negeri Unggul Pidie Jaya/Pengurus MGMP PAI SMA Provinsi Aceh/Pengurus DPW AGPAII Provinsi Aceh

Related posts