Dayah Abu Lueng Ie Adakan Maulid, Jadi Ajang Reuni Alumni

  • Whatsapp

SANTERDAILY.COM|ACEH BESAR–Dayah Darul Ulum Abu Lueng Ie (DULI) mengadakan perayaan Maulid Nabi Muhammad Saw dan Haul Abu Lueng Ie ke 27, di komplek dayah setempat, Kampong Lueng Ie, Kabupaten Aceh Besar. (5/1/2018).

Untuk diketahui, perhelatan maulid dan haul tahun 2019 diselenggarakan oleh Rabithah Alumni Darul Ulum Abu Lueng Ie (RA DULI). Sesuai hasil rapat pleno RA DULI bahwa alumni dayah itu akan mengadakan maulid dan haul dalam jangkan waktu dua tahun sekali. Selama dua tahun sekali, RA DULI akan menggalang dana dari alumni di seluruh Aceh.

Read More





Ketua Umum RA DULI, Abi Daud Hasbi M.Ag mengharapkan persatuan dan kekompokan para alumni demi kemajuan dayah bersangkutan. Juga berharap perayaan maulid dan haul pada 2021 akan lebih meriah dan bermakna daripada 2019.

Pada maulid dan haul 2019, alumni seluruh Aceh tiba di dayah tempat dahulu mereka menuntut ilmu. Mulai dari alumni tahun 1965 s.d 2018 yang kini menjadi kepala dinas, dekan, kepala Kemenag kabutapen, dokter spesialis, Mahkamah Syari’yah, dan beberapa kepala sekolah serta guru. Mereka terlihat antusias mengikuti acara ini.

Dalam amatan Santerdaily.com. Para alumni ada yang tidak pernah bertemu sejak 30 tahun silam. Ketika reuni dilakukan, banyak kisah pahit dan manis yang mereka bicarakan sambil mengenang masa menuntut ilmu dahulu. Tgk. Usamah El Mahdny, Sekjen RA DULI banyak bercerita pada pertemuan itu, termasuk mengenang masa-masa mondok yang sering makan nasi dengan sayur kangkung yang dipetik di sekitaran dayah. Konon di sekililing dayah DULI banyak sayur kangkung tumbuh subur. Itu sebabnya para santri yang pernah belajar di DULI tidak asing dengan sayur kangkung kenangan. Bahkan Tgk Usamah El Madny sangat sedih ketika tahu ternyata teman sekamarnya saat di dayah telah meninggal pada masa konflik 30 tahun silam. Ini lah perlunya wadah alumni sebagai tempat berbagi informasi sesama.

Dr. Adli Abdullah, M.LC sebagai Ketua Panitia Maulid dan Haul Abu 2019 dari kalangan alumni sangat bahagia atas sikap soliditas seluruh alumni dan santri. Kerja sama ini menghasilkan cita-cita.

Maulid yang diadakan di DULI berbeda dengan dayah lainnya. Karena pada pukul 09.00 Wib dimulai dengan zikir bersama dan tawajuh yang dipimpin oleh Abon Tajuddin, putra Abu Lueng Ie sekalugus pimpinan dayah. Seluruh anak Thariqat Naqsyabandiyah seluruh Aceh datang ke dayah untuk ikut zikir dan tawajuh.

Usai zikir dan tawajuh, dilakukan peresmian gedung baru dua lantai di dayah tersebut. Ditandai dengan pemotongan pita yang dilakukan oleh Tgk. Usamah El Madny MM, Kepala Dinas Pendidikan Dayah Aceh yang juga menjabat Sekjen Rabithah Alumni Dayah Darul Ulum Abu Lueng Ie sejak 2012 hingga sekarang.

Kemudian dilanjutkan makan bersama dengan seluruh alumni, Tgk. Faisal Ali dari MPU Aceh, perwakilan Lembaga Wali Nanggroe, ulama MUNA dan HUDA, dan Muspika Kecamatan Krueng Barona Jaya.

Dalam waktu berbeda juga hadir Bupati Aceh Besar, Ir Mawardi Ali, Wakil Bupati Aceh Besar, Waled Husaini. Dan tamu terhormat seperti Ir Azwar Abubakar, Tgk Musannif dari DPRA. Semua dijamu dengan baik oleh santri dan alumni dayah setempat.

Pada malam hari diadakan ceramah agama yang diisi oleh Tgk. Muhammad Yusuf A Wahab (Tu Sop), yang kini menjabat Ketua Himpunan Ulama Dayah Aceh (HUDA) sejak 2018.

Penulis : Abu Teuming

Related posts