Disdikbud Gelar Lomba Tahfidz Quran Tingkat SD dan SMP se-Kota Banda Aceh

  • Whatsapp

Banda Aceh – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Banda Aceh menggelar lomba Tahfidz Quran tingkat SD dan SMP se-kota Banda Aceh yang bertempat di pekarangan Masjid Al Badar lampineung. Senin (30/11/2020).

Kegiatan tersebut diselenggarakan mulai tanggal 30 November s/d 05 Desember yang dibuka oleh Wali Kota Banda Aceh, H. Aminullah Usman, SE.Ak, MM, yang diwakili Asisten Administrasi Umum, Drs. Tarmizi, MM, yang bertema Seribu Tahfiz untuk Kota Gemilang.

Read More





Asisten Administrasi Umum Pemerintah Kota Banda Aceh, Drs. Tarmizi, MM. mengatakan lomba tahfidz Quran tingkat SD dan SMP ini merupakan langkah implementasi dari visi Wali Kota Banda Aceh terwujudnya Kota Banda Aceh yang gemilang dalam bingkai syariah serta misi yaitu meningkatkan pelaksanaan Syariat Islam dalam bidang penguatan aqidah, akhlak, ibadah, muamalah dan Syiar Islam.

“Generasi muda mesti ditanamkan Al-quran sebagai pedoman hidup dan dengan menjadi tahfidz akan meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan oleh agama serta melahirkan generasi qur’ani yang hafal quran,” ujarnya.

Tarmizi berharap, dengan perlombaan Tahfidz Quran ini akan membentuk moral anak-anak generasi yang islami kedepan dan pembentukan akhlak bagi anak-anak kita, semoga bisa menjadi generasi yang bermanfaat bagi orang banyak.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Banda Aceh, Dr. Saminan Ismail, M.Pd juga menyampaikan indikator kinerja utama Pemko dalam bidang pendidikan yaitu lulusan SD mampu menghafal Al-Quran satu Juz dan lulusan SMP mampu menghafal dua Juz serta mewujudkan lahirnya 1000 Hafidz di Kota Banda Aceh.

Sebelumnya, Ketua panitia, Jailani Yusti SAg MPd yang juga Kabid SD Disdikbud mengatakan peserta untuk jenjang SD 535 orang dan jenjang SMP 165 orang dan total keseluruhan peserta adalah 700 orang.

“Dewan juri lomba Tahfidz Quran berasal dari tim sertifikasi tahfidz dari lembaga sertifikasi tahfidz Kota Banda Aceh,” tuturnya.

“Selain itu, para peserta mendapatkan hadiah berupa tropi dan uang pembinaan juara satu, dua dan tiga untuk masing-masing kategori lomba putra dan putri, “pungkasnya.

Related posts