Jak Saweu Dayah dan “Sie Domba Ala Chef SRM Al Aziziyah”

  • Whatsapp

Banda Aceh- Para punggawa Dinas Pendidikan Dayah (Disdik Dayah) Banda Aceh melakukan silaturrahmi dengan Pimpinan Dayah/Pesantren dilingkungan Pemerintah Kota Banda Aceh. Program Jak Saweu Dayah bagian dari upaya menjalin silaturrahmi dan sinergisitas antara Pimpinan Dayah dengan Punggawa Disdik Dayah Kota Banda Aceh yang pada akhirnya akan merajut ukhwah dalam penyusunan Program kerja kedepan.

Dinas Pendidikan Dayah Kota Banda Aceh yang lahir dari perjuangan Panjang Para Pimpinan Dayah dan Para Legislatif Kota Banda Aceh adalah salah satu Instintusi baru. Keberadaan lembaga ini dulunya melekat pada Dinas Syariat Islam sejak Tahun 2008 hingga 30 Desember 2017. Akan tetapi sejak lahirnya PP No.18 Tahun 2016, dan Permendagri No.95 Tahun 2016, Disdik Dayah merupakan salah satu lembaga Keistimewaan Aceh disamping 10 Lembaga Keistimewaan Aceh.

Read More



Dalam Perspektif Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 95 Tahun 2016 ada dua jenis perangkat Daerah yaitu, Pertama perangkat Daerah yang melaksanakan urusan Pemerintahan dan Kedua Perangkat Daerah yang melaksanakan urusan keistimewaan dan kekhususan.

Adapun Perangkat daerah yang melaksanakan kekhususan dan keistimewaan antara lain:
1. Kerukon Katibul Wali/Sekretariat Wali Nanggroe
2. Dinas Syariat Islam
3. Dinas Pendidikan Dayah
4. Dinas Pertanahan Aceh
5. Sekretariat Majelis Permusyawaratan Ulama
6. Sekretariat Majelis Adat Aceh
7. Sekretariat Majelis Pendidikan Aceh
8. Sekretariat Baitul Mal Aceh
9. Sekretariat Badan Reintegrasi Aceh
10. Satuan Polisi Pamong Praja dan Wilayatul Hisbah

Rabu, 24 Juni 2020, Kabilah Disdik Dayah Banda Aceh yang terdiri dari Sekdis, Para Kabid, Kasi dan Kasubbag Keuangan bertandang di Komplek Dayah Shirathal Mustaqim Misrul Muarrif (SRM) Al-Aziziyah yang beralamat Jl. Kreung Neng Lr. Seroja Gampong Surien. Kec. Meuraxa. Kehadiran romongan di terima langsung Tgk. Sulaiman Qari, Pimpinan Dayah SRM Al Aziziyah.

Rombongan disuguhkan Si Domba, makanan khas Raja Arab Timur Tengah. Menu racikan chef SRM Al Aziziyah rasanya hanya dua yaitu enak banget dan super maknyos. Saiful Bahri sang legendaris menyapu habis dengan sempurna. Akhirnya Kabilah Disdik Dayah Banda Aceh tambah darah, perkuat imunitas tubuh dimasa pandemi covid-19. Sie Domba inipun menjadi menu pamungkas Santri baru yang mondok di dayah Salafiyah cabang Mudi Mesra Samalanga. (SM)

Related posts