Keutamaan dan Rahasia Salat Dhuha

  • Whatsapp
  • Oleh : Fatimah syam, S.Pd.I
    Guru PAI SMA N Semadam Aceh Tenggara

Opini – Shalat Dhuha merupakan shalat sunnah yang sangat dianjurkan Rasulullah SAW. Shalat Dhuha dilaksanakan 20 menit setelah matahari mulai terbit hingga 15 menit sebelum masuknya waktu shalat zuhur. Tata cara shalat Dhuha sama seperti shalat sunnah pada umumnya dengan minimal dua rakaat dan maksimal 12 rakaat
Dalam kitab Fasholatan karya KH R Asnawi Kudus disebutkan, shalat Dhuha minimal dikerjakan dua rakaat dan lebih utama delapan rakaat.

Bacaan niat shalat Dhuha
Usholli sunnatad duha rak’ataini lillahi ta’ala.
Artinya, “Aku menyengaja shalat sunah duha dua rakaat karena Allah SWT.
Setelah membaca Surat Al Fatihah, dianjurkan membaca Surat Al A’la di rakaat pertama dan surat Ad Dhuha di rakat kedua atau Surat Al Kafirun di rakaat pertama, dan Al Ikhlas di rakaat kedua. Selesai shalat dianjurkan untuk membaca istighfar dan tasbih. Setelah itu dilanjutkan dengan doa.

Read More





Berikut doa shalat Dhuha:
Allahumma innad dhuha a dhuhauka, wal baha a baha uka, wal jamala jamaluka, wal quwwata quwwatuka, wal qudrota qudrotuka, wal ‘ismata ‘ismatuka.

Allahumma in kana rizqi fis sama-i fa-anzilhu, wa in kana fil ardhi fa akhrijhu, wa in kana mu’assaron fa yassirhu, wa in kana haroman fathohhirhu, wa in kana ba’idan faqorribhu, bihaqqi dhuha-ika, wa baha-ika, wa jamalika, wa quwwatika, wa qudrotika, aatini ma atayta ‘ibadakas sholihin”.
Artinya: “Ya Allah, sungguh dhuha ini adalah dhuha-Mu, keagungan ini adalah keagungan-Mu, keindahan ini adalah keindahan-Mu, kekuatan ini adalah kekuatan-Mu, dan penjagaan ini adalah penjagaan-Mu. Wahai Tuhanku, jika rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah. Jika berada di dalam bumi, maka keluarkanlah. Jika sukar atau dipersulit (kudapat), mudahkanlah. Jika (tercampur tanpa sengaja dengan yang) haram, sucikanlah. Jika jauh, dekatkanlah dengan hak duha, keelokan, keindahan, kekuatan, dan kekuasaan-Mu, datangkanlah padaku apa yang Engkau datangkan kepada para hamba-Mu yang saleh”.

Mengerjakan shalat Dhuha secara rutin memiliki berbagai manfaat bagi kehidupan dunia dan akhirat. Shalat Dhuha merupakan ibadah sunnah yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Sebab terdapat keutamaan dan manfaat shalat Dhuha yang begitu besar.

Berikut keutamaan dan rahasia sholat Dhuha bagi yang mengerjakan:

1. Dibuatkan Istana di Surga
Nabi Muhammad SAW dalam hadits riwayat Tirmidzi dan Ibnu Majah bersabda mengenai keutamaan sholat dhuha 12 rakaat. Bagi yang mengerjakan akan diberikan Allah SWT istana di surga.
“Barang siapa sholat Dhuha 12 rakaat, Allah akan membuatkan untuknya istana di surga”

2. Diampuni Dosanya
Allah SWT akan mengampuni umat-Nya yang mengerjakan sholat Dhuha di pagi harinya. Hal itu sesuai dalam hadist Rasulullah dalam riwayat Tirmidzi,
“Siapapun yang melaksanakan sholat Dhuha dengan langgeng, akan diampuni dosanya oleh Allah, sekalipun dosa itu sebanyak buih di lautan.”

3. Mencegah Penyakit
Dikutip dari buku ‘Berkah Shalat Dhuha’ karya M Khalilurrahman Al Mahfani, seorang profesor medis Dr Ha Ali Saboe dan Prof Dr Vanshreber mengatakan bahwa setiap gerakan shalat memiliki manfaat kesehatan bagi tubuh yang tak terhingga. Ia melihat bahwa gerakan shalat dapat mengurangi, dan bahkan dapat mencegah penyakit jantung. ”

4. Manfaat Sholat Dhuha untuk Rezeki
Dalam hadits riwayat Turmudzi, Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya Allah Ta’ala berfirman, ‘Wahai anak Adam, bersholat lah untuk-Ku empat rakaat pada permulaan siang, niscaya akan Aku cukupi kebutuhannmu pada sore harinya.”

5. Waktu Terbaik untuk Berdoa
Anas bin Malik Radhianllahu anhu berkata, saya melihat Rasulullah SAW pada waktu berpergian, melakukan sholat Dhuha sebanyak delapan rakaat, setelah selesai beliau bersabda,

“Sesungguhnya saya shalat penuh dengan harapan dan kecemasan. Saya memohonkan kepada Allah tiga hal, lalu dikabulkannya dua dan ditolak yang satunya. Saya mohon supaya umatku jangan diuji dengan musim paceklik dan ini dikabulkan, saya memohon pula agar umatku tidak dapat dikalahkan oleh musuhnya dan ini pun dikabulkan, lalu saya mohon agar umatku jangan sampai terpecah belah menjadi beberapa golongan dan ini ditolak-Nya.” (HR Ahmad, An Nasa’i, Al Hakim, dan Ibnu Khuzaimah. Oleh keduanya, hadits ini disahihkan.)

6. Dapat Pahala Setara Umrah
Dikutip dari buku ‘Rahasia Kedahsyatan Shalat Sunah Setahun Penuh’ oleh Ust M Kamaluddin S.Pd, IMM, berdasarkan Shahih al-Jami’: 6346 “Barangsiapa yang mengerjakan sholat fajar (Subuh) berjamaah, kemudian ia (setelah usai) duduk mengingat Allah hingga terbit matahari, lalu ia shalat dua rakaat (Dhuha), ia mendapatkan pahala seperti pahala haji dan umrah, sempurna.

7. Sedekah untuk Seluruh Tubuh
Dalam Hadist riwayat Ahmad, Muslim, dan Abu Daud, dari Abu Dzar Al Ghiffari menyebutkan, shalat Dhuha merupakan ganti dari sedekah seluruh ruas tubuh
Hendaklah masing-masing darimu setiap pagi bersedekah untuk setiap ruas tulang badannya, maka tiap kali bacaan tasbih adalah sedekah, tiap kali bacaan tahmid adalah sedekah, tiap kali bacaan tahlil adalah sedekah, tiap kali bacaan takbir adalah sedekah, dan menyuruh kepada yang makruf adalah sedekah, dan mencegah yang mungkar adalah sedekah, dan sebagai ganti itu semua itu cukup lah melakukan dua rakaat sholat dhuha.”

8. Mendapat Keuntungan yang Besar
Dari Abdullah bin ‘A,r bin ‘Ash Radhiyallahu ‘anhuma, ia berkata Rasulullah SAW mengirim sebuah pasukan perang, Nabi Muhammad berkata
“Perolehlah keuntungan (ghanimah) dan cepat lah kembali! Mereka akhirnya saling berbicara tentang dekatnya tujuan (tempat) perang dan banyaknya ghanimah yang akan diperoleh dan cepat kembali (karena dekat jaraknya).”

9. Shalatnya Orang yang Kembali Taat
Keutamaan dan manfaat shalat Dhuha yang terakhir adalah menjadi shalatnya orang orang yang kembali taat. Dalam hadist riwayat Ibnu Khuzaimah, “Tidak lah menjaga shalat sunnah Dhuha melainkan awwab (orang yang kembali taat).”

Manfaat Shalat Dhuha Bagi Kehidupan Sehari-hari adalah :
Shalat Dhuha memiliki banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari, seperti untuk ketentraman, kebahagiaan, rezeki, kecantikan hingga kesehatan.

1. Dicukupkan Kebutuhannya
Shalat Dhuha memiliki manfaat untuk melancarkan rezeki kita. Salah satunya yaitu akan dicukupkan kebutuhannya di akhir siang. Hal ini telah disebutkan dalam sebuah hadist Rasulullah SAW, dari Nu’aim bin Hammar Al Ghathafani, Rasulullah Shallallahu a’laihi wa sallam bersabda:
” Allah Taala berfirman: Wahai anak Adam, janganlah engkau tinggalkan empat rakaat sholat di awal siang (di waktu Dhuha). Maka itu akan mencukupimu di akhir siang.” (HR. Tirmidzi no. 475, dishahihkan Al Albani dalam Shahih Al Jami no. 4342)

2. Wajah Terlihat Lebih Bercahaya
Manfaat rajin melakukan shalat Dhuha dapat dirasakan yaitu wajah terlihat lebih bercahaya. Hal ini karena seseorang yang rajin shalat Dhuha tentu juga melaksanakan shalat lima waktu. Dengan berwudhu atau mencuci muka sedikitnya lima kali, dapat membuat wajah terlihat lebih bercahaya. Terlebih ditambah dengan pelaksanaan shalat Dhuha, tentu manfaat tersebut akan makin terasa.

3. Menyehatkan Persendian
Rajin melaksanakan salat dhuha juga memiliki manfaat untuk menyehatkan persendian dalam tubuh. Selain itu, salat dhuha yang dilakukan dengan ikhlas akan mendapatkan pahala bersedekah, yaitu bersedekah terhadap persendian kita.

Hal tersebut telah tertulis dalam hadist riwayat Muslim. Artinya: ” Pada pagi hari diharuskan bagi seluruh persendian di antara kalian untuk bersedekah. Setiap bacaan tasbih (subhanallah) bisa sebagai sedekah, setiap bacaan tahmid (alhamdulillah) bisa sebagai sedekah, setiap bacaan tahlil (laa ilaha illallah) bisa sebagai sedekah, dan setiap bacaan takbir (Allahu akbar) juga bisa sebagai sedekah. Begitu pula amar maruf (mengajak kepada ketaatan) dan nahi mungkar (melarang dari kemungkaran) adalah sedekah. Ini semua bisa dicukupi (diganti) dengan melaksanakan salat Dhuha sebanyak 2 rakaat.” (HR. Muslim no. 720).

4. Melancarkan Peredaran Darah
Salah satu manfaat salat dhuha untuk kesehatan yaitu dapat melancarkan peredaran darah. Saat seseorang melaksanakan salat dhuha di pagi hari, udara yang ia rasakan masih segar dan bebas dari polusi. Selain itu, saat salat dhuha, tubuh akan menggerakkan semua otot yang masih kaku agar peredaran darah menjadi lancar dan badan terasa lebih bugar. Oleh sebab itu, laksanakanlah salat dhuha. Selain mendapat kesehatan di dunia, Anda juga akan mendapat pahala di akhirat nantinya.

5. Terlihat Awet Muda
Shalat Dhuha memiliki manfaat untuk kecantikan. Dengan rajin shalat Dhuha, kita akan terlihat awet muda. Hal ini karena ketika akan melaksanakan shalat Dhuha, tentu saja kita harus berwudhu terlebih dahulu. Saat berwudhu, wajah akan disapu dengan air yang bersih dan segar. Maka kulit akan senantiasa terjaga kesegaran dan kelembapannya. Tak hanya itu, ketika berwudhu dan mengusap wajah secara tepat, kulit akan menjadi kencang dan tidak mudah kendur. Oleh sebab itu, seseorang yang membiasakan diri untuk shalat Dhuha akan tampak awet muda.

6. Memudahkan Segala Urusan
Shalat Dhuha memiliki banyak manfaat, salah satunya yaitu untuk dapat mempermudah segala urusan. Seseorang yang rajin shalat Dhuha, akan merasakan segala urusannya dimudahkan oleh Allah SWT. Kepercayaan tentang manfaat ini akan kita rasakan apabila mengerjakan shalat Dhuha dengan rajin dan ikhlas. Oleh sebab itu, mulai lah membiasakan shalat Dhuha agar segala urusan dipermudah oleh Allah SWT.

Marilah kita jadikan Bulan Ramadhan ini sebagai momen untuk memperbanyak amal ibadah karena di bulan yang penuh berkah ini semua pahala akan dilipat gandakan pahalanya oleh Allah SWT. Dan mari kita mulai membiasakan diri dengan rutin melaksanakan shalat Dhuha dan menjadikan shalat Dhuha sebagai suatu kebutuhan sehingga kita lebih ikhlas dan terbiasa untuk melakukanya dan terus berlomba-lomba dalam melakukan kebaikan .

Related posts