KUA KBJ Cetus Program Bimbingan Daring Calon Pengantin

  • Whatsapp

Aceh Besar –  Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Krueng Barona Jaya (KBJ), Tgk Ikhram SS MPd mencetuskan program Bimbingan Daring Calon Pengantin (Biring Catin), dan program Catin Membaca Buku (Catin Mebu). Program baru ini telah dibahas dalam rapat bulanan dengan seluruh pegawai KUA KBJ.

Rabu (7/10/2020), Tgk Ikhram mengatakan kedua program tersebut merupakan inovasi KUA untuk melayani Catin pada masa pandemi Covid-19, juga untuk program berkelanjutan.

Read More





Terobosan ini dilakukan sebab banyak orang luar daerah, bahkan ada yang dari zona merah ingin menikah di KUA KBJ. Untuk antisipasi penyebaran Covid-19, Catin diharuskan mengikuti bimbingan daring. Kedua program unggulan tersebut juga bertujuan memperdalam pengetahuan tentang munakahat.

“Ada Catin dari Jakarta, dan beberapa daerah lainnya,” sebut Tgk Ikhram.

Teknisnya, pihak KUA KBJ menyediakan beberapa pemateri berkompeten di akun Youtube @KUA Kec.Krueng Barona Jaya. Sedangkan Catin bisa memilih bimbingan daring dengan pembimbing yang tersedia di Youtube. Selanjutnya mendengar narasi bimbingan hingga selesai. Lalu isi bimbingan yang telah didengar disimpulkan atau diringkas dalam bentuk tulisan.

Teks kesimpulan bimbingan daring dibawa saat bimbingan tatap muka di KUA KBJ, dan diserahkan pada pembimbing Catin saat bimbingan tatap muka. Teks boleh juga dikirim via email KUA KBJ, emailnya dapat diakses di web instansi terkait (https://kua-kbj.com/).

Bimbingan daring tersedia dengan beragam bahasa, seperti bahasa Indonesia, Aceh, Arab dan Inggris.

Sedangkan terkait program Catin Membaca Buku, teknisnya persis seperti bimbingan daring, sebab Catin diharuskan meminjam buku di Pustaka Catin KUA KBJ, sebelum mengikuti bimbingan tatap muka. Buku yang dipinjam wajib dibaca, lalu disimpulkan. Teks kesimpulan diserahkan pada pembimbing saat tatap muka.

“Buku berkaitan dengan pedoman membina keluarga sakinah, baik yang diterbitkan Kementerian Agama RI dan buku penting lainnya. Ada petugas Pustaka Catin KUA KBJ yang melayani pinjam dan pengembalian buku,” jelas Tgk. Ikhram yang juga Pimpinan Pesantren Modern Al-Manar.

Naskah yang telah disimpulkan dibawa saat bimbingan tatap muka, selanjutnya diserahkan pada pembimbing Catin ketika tatap muka.

Program ini wujud pendalaman materi pernikahan dan ilmu rumah tangga terhadap Catin yang akan membina bahtera rumah tangga. Membina rumah tangga itu berat, maka calon suami istri harus mempersiapkan bekal ilmu.

Informasi lengkap bisa diakses pada web KUA KBJ.

Related posts