Masjid Haji Keuchik Leumiek, Indah dan Nyaman

  • Whatsapp

SANTERDAILY.COM |BANDA ACEH–Siapa yang tak kenal H Harun Keuchik Leumiek, pemilik toko ‘Emas’ dan ‘Souvenir’ yang ternama di Banda Aceh, bahkan Aceh sekalipun. Hartanya melimpah ruah, dan tergolong orang terkaya di Banda Aceh.

Ternyata, kekayaannya tidak membuat dirinya sombong, angkuh, apalagi bersikap riya. Gelimang harta tidak membuat dirinya lalai dengan nikmat Allah. Ia menyadari, kehidupan di dunia terbatas. Kehidupan akhirat abadi. Ia mendambakan kekayaannya bukan semata membuat kesejahteraan di dunia, tetapi juga selamat di akhirat. Oleh Karena itu, H Harun Keuchik Leumiek dikenal sebagai sosok hartawan lagi dermawan.

Kali ini, saya akan menggambarkan sebuah masjid mewah, yang dibangun sepenuhnya oleh keluarga H Harun Keuchik Leumiek.

Bangunan bernama Masjid Haji Keuchik Leumiek ini berlokasi di Gampong Lamseupeung, Kecamatan Lueng Bata, Kota Banda Aceh, persisnya di pinggir Krueng Aceh.

Warga Lamseupeung sangat beruntung, desa mereka menjadi tempat dibangunnya masjid bergaya Timur Tengah itu.

Hari ini, 28 Januari 2019, masjid yang didirikan dengan biaya dari keluarga H Harun Keuchik Leumiek itu diresmikan oleh Plt Gubernur Aceh, Ir Nova Iriansyah M.M.

Masjid yang berdiri kokoh di lahan seluas 3500 meter itu memiliki arsitektur unik, dengan perpaduan bermacam desain masjid di Timur Tengah.

Masjid Keuchik Leumiek terdapat 28 tiang penyangga berbentuk bulat, yang dicat putih. Di bagian tapak tiang dilapisi alumunium berwana emas. Pada bagian atas tiang, juga terdapat alumunium bermotif, yang juga dicat warna emas. Seakan mengisyaratkan masjid tersebut memang terbuat dari material emas.

Di bagian dalam masjid, pada dinding depan, tepatnya di sebelah kanan tempat biasa imam berdiri, terdapat kaligrafi berlafaz Allah. Asma Allah ini dilingkari motif warna warni, sehingga menambah keindahan seni kaligrafi. Di luar lingkaran, terdapat ornamen berbentuk bintang dan berwarna kuning serta hijau.

Pada dinding sebelah kiri imam, terukir indah kaligrafi lafaz Muhammad. Keindahannya sama persis seperti kaligrafi Asma Allah pada sisi kanan masjid, karya Dedi, pria asal Jawa Barat.

Terlihat beragam corak relif pada dinding masjid. Relief tersebut merupakan perpaduan desain masjid di Timur Tengah, seperti Madinah, Maroko, Cardova dan beberapa negara lain.

Masih di bagian dalam masjid. Pada dinding arah utara dan selatan masjid, terdapat kaligrafi yang ditulis dengan warna kuning, berlatar belakang merah. Lalu dibingkai dengan ornamen pucuk reubong.

Puluhan lampu hias berukuran besar tergantung indah di bagian puncak kubah. Benda berbentuk lingkaran itu berwarna emas. Sehingga suasana dalam masjid terasa hidup.

Masjid berwarna khas Timur Tengah tersebut mempunyai lima kubah, empat kubah kecil, dan satu kubah besar. Di bagian dalam kubah tersebut dipenuhi ukiran. Juga terdapat Asmaul Husna yang menempel kuat pada lingkaran kubah. Relief-relief yang berdekatan dengan ukiran kaligrafi sangat memanja mata bagi yang menatapnya.

Di bagian luar masjid, sebuah menara yang memiliki ketinggian lebih kurang 45 meter makin memperindah bangunan. Pada dinding bagian luar masjid terdapat relif aneka warna khas negeri Arab.

Pohon-pohon kurma yang tumbuh subur di perkarangan masjid, seakan menambah kesan berada di tanah Arab. Sehingga membuat para pengunjung ingin mengabadikan momen di masjid megah itu.

Masjid Haji Keuchik Leumiek dilengkapi dengan 60 kran di tempat berbeda. 30 kran sebagai tempat berwudhuk laki-laki. 30 kran untuk tempat wudhuk perempuan.

Nah! Sempatkan diri berkunjung ke Masjid Haji Keuchik Leumiek. Selain bisa salat nyaman, juga memiliki sejuta keindahan ala bangsa Arab.

Penulis : Abu Teuming
Editor :   Rusydi

Related posts