Membludak, Peserta Ujian Ikut Tes Masuk Dayah Insan Qur’ani

  • Whatsapp

SANTERDAILY.COM | Aceh Besar-–Ratusan peserta ujian padati komplek Dayah Insan Qur’ani untuk mengikuti tes ujian tulis dan ujian lisan tingkat Tsanawiyah dan Aliyah.

Peserta terlihat sangat semangat dalam mengikuti tahapan demi tahapan untuk bisa lolos di Dayah Insan Qur’ani. Mulai dari pendaftaran secara online, pengumpul berkas dan pembayaran uang pendaftaran hingga tahapan akhir yang dilaksanakan selama dua hari yang terhitung hari Sabtu, 2 Februari 2019 hingga hari Minggu 3 Februari 2019.

Read More





Peserta ujian sudah mulai memadati komplek Kampus Dayah Insan Qur’ani sejak jam 6.30 yang didampingi oleh wali calon santri masing-masing.

“Antusias para siswa-siswi untuk melanjutkan sekolah di Dayah Insan Qur’ani sangat luar biasa. Tidak hanya dari Aceh, dari luar Aceh juga ada yang mendaftar. Total peserta yang mendaftar PSB IQ semuanya ada 620 . Pendaftaran dibuka selama satu minggu. Hingga H-1 ujian tes tulisan dan lisan, masih banyak yang berminat untuk mendaftar,” ujar Ust. Rahmad Iqbal yang menjabat sebagi Ketua Panitia PSB Dayah Insan Qur’ani Tahun 2019

Dalam ujian tulisan, peserta akan menjawab sebanyak 100 soal selama 2 jam. Adapun materi ujian terdiri dari berbagai mata pelajaran. Mulai dari pelajaran Pendidikan Agama Islam, Sains (IPA), Matematika, Bahasa Arab dan Bahasa Inggris. Setelah ujian tulis, peserta langsung melanjutkan ujian lisan berupa tes Al-Qur’an, wawancara umum dan Tes Kesehatan.

“Karena peserta ujian berasal dari berbagai Daerah, maka untuk hari pertama, tes ujian lisan hanya diperuntukkan untuk peserta yang berasal dari luar Banda Aceh dan Aceh Besar. Sedangkan, untuk hari Minggu hanya tes lisan saja untuk peserta dari Banda Aceh dan Aceh Besar” . Keseluruhan hasil tes insyaAllah akan diumumkan pada tanggal 8 Februari 2019. Ucap Ust. Iduddin sebagai koordinator tes ujian tulisan dan lisan.

Latifah, salah satu peserta ujian yang berasal dari Medan saat wawancara mengungkapkan sangat berharap bisa lulus di Dayah Insan Qur’ani. Ia sangat termotivasi untuk belajar di Dayah ini saat membaca berita tentang 29 santriwan/wati yang diwisuda tahfiz tahun lalu.

“Saya sangat ingin menjadi seorang penghafal Al-Qur’an, berharap cita-cita saya bisa terwujudkan di dayah ini,” tegasnya.

Menyikapi kegiatan PSB, Ustad Muzakkir sebagai Pimpinan Dayah Insan Qur’ani berharap peserta yang telah mendaftar di Dayah Insan Qur’ani mendapatkan hasil terbaik sesuai yang diinginkan. Siapapun yang tidak lulus, semoga tidak berkecil hati dan bisa melanjutkan belajar di sekolah yang lebih baik.

Related posts