Mengenal Shahabat Terbaik Syeikh Muda Wali Al-Khalidi

  • Whatsapp

Oleh : Abi Sultan Al-Azka

SANTERDAILY.COM | BANDA ACEH—Abuya Syaikhul Islam Aceh, Syeikh H. Muda Muhammad Waly Al-Khalidy yang lebih dikenal Syeikh Muda Waly Al-Khalidi adalah Ulama Aceh yang mendunia. Lahir di Gampong Blang Poroh, Labuhan Haji, Aceh Selatan pada Tahun 1338 H/1917 M. Pimpinan Dayah Darussalam Labuhan Haji ini dikenal sangat gemar mengembara “ilmu agama”.

Dari jejak rekamnya perjalanan dakwahnya beliau pernah belajar vervolks scool, Jami`iyah Al-Khariyah, Bustanul Huda, Dayah Krueng Kalee Normal Islam School, Padang serta Universitas Al-Azhar, Cairo. Syeikh Muda Waly juga berguru pada Syeikh Muhammad Ali Al-Maliky.
Tulisan ini mengulas sedikit profil sahabat terbaik Abuya Muda Waly Al-Khalidy. Diantara sahabat terbaik syeikh Muda Waly Al-Khalidy adalah Muhammad Isa Al Fadani.

Syekh Muhammad Yasin Bin Muhammad Isa Al-Fadani (Arab: محمد ياسين بن محمد عيسى الفاداني‎, lahir di Mekkah, Arab Saudi, 17 Juni 1915 – meninggal di Mekkah, 20 Juli 1990 pada umur 75 tahun) adalah seorang ahli sanad hadist, ilmu falak, bahasa Arab, dan pendiri Madrasah Darul Ulum al-Diniyyah, Mekkah. Ia merupakan putra ulama terkenal, Syekh Muhammad Isa Al-Fadani asal Padang, Sumatera Barat.
Al-Fadani mulai mempelajari Islam dari ayahnya Syekh Muhammad Isa.

Kemudian dia melanjutkan pendidikannya di Madrasah Al-Shaulatiyah. Karena guru-guru asal India menghina para pelajar Indonesia, maka ia mendirikan Madrasah Darul Ulum al-Diniyyah, dan menamatkan pendidikannya di sekolah ini. Setelah menjalani pendidikan formal, ia berpindah-pindah untuk berguru ke beberapa ulama Timur Tengah. Disamping menimba ilmu, ia aktif mengajar dan memberi kuliah di Masjidil Haram dan madrasah yang didirikannya. Ia mengajar terutama pada mata kuliah ilmu hadist. Dia merupakan seorang ulama yang kukuh pada ajaran Ahlul Sunnnah wal Jamaah.

Selain aktif mengajar, ia juga rajin menulis kitab. Jumlah karyanya mencapai 97 buku, diantaranya 9 buku tentang ilmu hadist, 25 buku tentang ilmu dan ushul fiqih, serta 36 buku tentang ilmu falak. Buku-bukunya banyak dibaca para ulama dan menjadi rujukan lembaga-lembaga Islam, pondok pesantren, baik itu di Arab Saudi maupun di Asia Tenggara Kitabnya yang paling terkenal : Al-Fawaid al-Janiyyah, menjadi materi silabus dalam mata kuliah ushul fiqih di Fakultas Syariah Al-Azhar Kairo.

Karyanya antara lain :

TOKO CCTV
Melayani Penjualan & Pemasangan CCTV / Security System Wilayah Aceh
+62812 6461 7339

Jasa Pembuatan Website SEO Personal / Instansi / Kantor / Sekolah
+6252 1150 5391