Peringati HSN, Dayah Insan Qurani Gelar Apel Akbar

  • Whatsapp

SANTERDAILY.COM|ACEH BESAR—Dayah Insan Qurani melaksanakan apel akbar dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional (HSN) pada senin (22/10/2018) di halaman dayah tersebut.

Apel akbar dipimpim langsung oleh mudir (pimpinan) Dayah, Ust Muzakkir Zulkifli, SAg. Dalam sambutannya Ust Muzakkir menyampaikan beberapa hal terkait refleksi hari santri sebagai titik poin menyegarkan kembali ingatan dan pemahaman tentang fungsi santri baik bagi dirinya sendiri, masyarakat, bangsa dan negara.

Read More

Ust Muzakkir menyampaikan bahwa dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesia baik pra dan pasca kemerdekaan, sebagian besarnya diisi oleh santri. Santri dalam pendidikannya di dayah atau di pesantren dididik untuk memiliki nilai-nilai keikhlasan, kemandirian, berdikari, rela berkorban/ikhlas dan peduli.

“Sikap ini termanifestasi dalam tindakan sehingga setiap kegiatan yang dilakukan santri basisnya adalah pengabdian dan tidak mendahulukan uang (materi), “demikian uangkap Ust Muzakkir.

Dalam kesempatan yang sama Ust Wahyuddin, LC MSh juga sempat mengingatkan bahwa menjadi santri tidak hanya ketika dalam Dayah atau Pesantren, namun lebih dari itu santri adalah gelar yang melekat sampai kapanpun sehingga tidak ada istilah mantan santri sehingga dalam setiap tindakan dan perbuatan setiap santri dituntut untuk selalu mencerminkan dan menjaga nama baik santri.

Apel yang dihadiri oleh seluruh santri Dayah Insan Qurani ini juga turut diramaikan dengan hadirnya seluruh komponen yang terlibat dalam struktur pendidikan Dayah Insan Qurani baik internal maupun eksternal.

Sehingga apel yang awalnya direncanakan sederhana ini menjaga terlihat meriah dan apik. Acara ini diakhiri dengan acara salam salaman bersama antara santri dengan para Asatiz/zah.

Related posts