Rezeki Allah Berikan Kepada Hamba-Nya Tanpa Terkecuali

  • Whatsapp

SANTERDAILY.COM | BANDA ACEH—-Rezeki itu adalah fadl (anugerah) dari Allah Subḥānahu wa ta’alā, bukan dari hasil rekayasa akal.

Seandainya rezeki itu tergantung pada akal tentu makhluk yang tidak berakal (binatang) tidak mendapatkan rezeki, akan tetapi kenyataannya semua makhluk diberi rezeki oleh Allah tanpa terkecuali, itulah bukti bahwa Allah Maha Pengasih Lagi Maha Penyayang.

Allah telah membagi-bagi rezeki dengan seadil-adilnya, karena Allah Maha Tahu akan kebutuhan hamba-Nya. Jika seandainya semua makhluk diberikan rezeki melebihi kebutuhannya, tentu saja mereka tidaklah bertambah keimanannya, melainkan kekufuran dan melampaui batas.

Tiada harus ragu-ragu serta ditakuti, rezeki kita tidak pernah tertukar dengan rezeki orang lain. Setiap orang memiliki bagian rezeki masing-masing, ada yang dilebih-lebihkan oleh Allah, ada pula yang pas-pasan hidup sederhana, dan ada pula yang morat marit serba kekurangan.

Semua itu pasti ada hikmah, pesan-pesan yang ingin Allah sampaikan kepada manusia. Jikalau Allah melapangkan rezeki kepada hamba-hamba-Nya tentulah mereka akan melampaui batas di muka bumi, tetapi Allah menurunkan apa yang dikehendaki-Nya dengan ukuran.

Sesungguhnya Dia Maha Mengetahui (keadaan) hamba-hamba-Nya lagi Maha Melihat.” Al-Qur’an Surat Ash-Shūraá (42: 27)

Penulis : Teuku Fauzi
Editor : Rusydi

Related posts