Sebanyak 10.000 Keluarga Miskin dapat Santunan Ramadhan dari BMA

  • Whatsapp
  • Foto : ist.

Banda Aceh – Sebanyak 10 ribu keluarga miskin di Provinsi Aceh mendapatkan Santunan Ramadhan dari Baitul Mal Aceh (BMA). Santunan yang diberikan tersebut berupa uang tunai masing-masing sebesar Rp1 juta dengan total Rp10 miliar dan ditransfer langsung ke rekening masing-masing mustahik.

Ketua Badan Baitul Mal Aceh Prof Dr Nazaruddin A Wahid MA, Senin (10/05/2021) mengatakan tujuan dari program tersebut adalah untuk membantu mencukupi kebutuhan masyarakat miskin di bulan Ramadhan. Selain itu untuk meringankan beban yang akan dihadapi masyarakat miskin dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri nanti.

Read More

“Sasaran dari program tersebut adalah masyarakat miskin yang ada di Provinsi Aceh yaitu yang berpenghasilan 50% di bawah Upah Minimum Provinsi (UMP). Diutamakan untuk keluarga yang menanggung anak yatim,” kata Prof Nazaruddin.

Sementara itu Kepala Sekretariat BMA, Rahmad Raden menambahkan program santunan Ramadhan merupakan program rutin Baitul Mal Aceh setiap tahun. Tahun sebelumnya hanya untuk Banda Aceh dan Aceh Besar saja, namun tahun ini karena zakatnya sudah sedikit lebih banyak, maka diberikan untuk seluruh kabupaten/kota se-Aceh.

Rahmad menjelaskan pendataan mustahik penerima santunan Ramadhan untuk keluarga miskin tersebut dilakukan melalui kerjasama dengan Baitul Mal Kabupaten/Kota (BMK). Selain itu verifikasi data mustahik juga dilakukan oleh BMK.

“Pelaksanaan pendataan dan verifikasi dilakukan oleh BMK. Hal itu dilakukan agar bantuan yang akan diberikan tepat sasaran dan tidak terjadi tumpang tindih dengan segala macam bantuan berkelanjutan yang diterima oleh mustahik di Kabupaten/Kota. Semoga dengan program tersebut akan terpenuhinya kebutuhan sehari-hari sebagian masyarakat miskin selama bulan suci Ramadhan,” pungkas Rahmad Raden.

Adapun jumlah penerima santunan ramadhan 1442 H adalah sebagai berikut Banda Aceh 334 mustahik, Sabang 250 mustahik, Aceh Besar 577 mustahik, Pidie 744 mustahik dan Pidie Jaya 406 mustahik.

Kemudian Bireuen 606 mustahik, Aceh Utara 751 mustahik, Lhokseumawe 358 mustahik, Aceh Timur 600 mustahik, Langsa 331 mustahik dan Aceh Tamiang 458 mustahik.

Selanjutnya Bener Meriah 391 mustahik, Aceh Tengah 417 mustahik, Gayo Lues 330 mustahik, Aceh Tenggara 392 mustahik, Aceh Jaya 293 mustahik dan Aceh Barat 457 mustahik.

Juga Nagan Raya 393 mustahik, Abdya 366 mustahik, Aceh Selatan 407 mustahik, Subulussalam 306 mustahik, Aceh Singkil 374 mustahik dan Simeulue 325 mustahik. Selain itu juga disalurkan oleh BMA sebanyak 134 mustahik.

Related posts