Usamah El-Madny terima Kunjungan RQV Indonesia Cabang Aceh

  • Whatsapp

Banda Aceh – Kepala Biro Keistimewaan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Aceh, Tgk H Usamah El Madny, S.Ag, MM, Senin (5/04/2021) menerima kunjungan silaturahmi Rumah Qur’an Violet (RQV) Indonesia Cabang Aceh, di ruangan kerjanya di Kantor Gubernur Aceh.

Dalam pertemuan yang berlangsung hangat dan penuh keakraban tersebut, Karo Isra itu menyambut baik Program Kegiatan Rumah Qur’an Violet (RQV) Indonesia Cabang Aceh di seluruh Kabupaten Kota se-Aceh yaitu 23 Kabupaten Kota.

Terlebih lagi di tengah kondisi banyaknya masyarakat yang buta huruf Al qur’an secara umum di Indonesia. Indonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk muslim terbanyak di dunia.

Namun tingkat pemahaman terhadap ajaran agama masih sangat minim. Hal tersebut dapat dilihat dari data yang dilansir Institut Ilmu Alquran yang menyatakan bahwa terdapat 65 persen dari peduduk Indonesia buta huruf Alquran.

Berdasarkan fakta tersebut maka RQV hadir untuk memberantas buta baca tulis Alquran di seluruh Indonesia. Hal ini dilakukan dengan cara membangun Pusat Kegiatan Belajar Mengajar Alquran di seluruh daerah khususnya daerah pelosok dan jangkauan pendidikan rendah.

Dalam memperkokoh Indonesia sebagai bangsa religius yang hebat, RQV berkomitmen untuk menjalankan visi besarnya menjadi Pelopor Gerakan Nasional Satu Juta Rumah Qur’an di Indonesia.

Berbagai permasalahan di masyarakat bekaitan erat dengan pasang-surut moralitas.

Memperkokoh karakter berbasis Al-Qur’an merupakan solusi visioner. Kami yakin ikhtiar yang dijalankan konsisten, sanggup memulihkan krisis bahkan mengangkat harkat dan martabat umat manusia.

Usamah juga menyampaikan bahwa tugas pokok dan fungsi dari Biro Keistimewaan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Aceh adalah menyiapkan perumusan kebijakan, mengkoordinasikan pelaksanaan tugas dan fungsi, pemantauan dan evaluasi program kegiatan dan penyelenggaraan pembinaan teknis, administrasi dan sumber daya di bidang agama, peran ulama, pendidikan, kebudayaan dan kesejahteraan rakyat.

Dalam pertemuan tersebut, RQV Indonesia Cabang Aceh, dipimpin langsung oleh Zulkarnain M Isa, atau sering disapa Bang Zulmis sebagai Dewan Pembina.

Dalam diskusi dan tukar ide pendapat dan gagasan tersebut, berhasil di capai suatu kesepakatan dalam menjalankan program pemerintah Aceh di bawah Koordinasi Biro Keistimewaan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Aceh dapat bersinergi, berkolaborasi dan bermitra dengan RQV Indonesia.

RQV Indonesia, menyampaikan bahwa permasalahan sosial yang terjadi saat ini berkaitan erat dengan pasang-surutnya karakter dan moralitas anak-anak bangsa. Untuk itu diperlukan penguatan karakter dan moralitas berbasis Al-Qur’an.

“Kami yakin dan percaya bahwa melalui belajar, menghafal dan mengamalkan Al-Quran mampu mewujudkan peradaban yang berjiwa pemberani, sehat, kaya, sukses dan bahagia”.

Inilah yang memicu RQV Indonesia hadir dengan pembentukan karakter anak bangsa dan sekaligus pemberdayaan ekonomi. Sejak berdirinya RQV hingga saat ini, sudah 132 rumah quran yang terkelola dengan sistem yang terintegrasi dan telah dirasakan manfaatnya.

RQV Indonesia sangat mendukung program Pemerintah Aceh terkait kegiatan Safari Ramadhan tahun 2021 Masehi atau 1442 Hijriah. Edukasi menyangkut Covid-19 akan dijadikan tema dalam rangkaian dakwah yang akan disampaikan oleh para da’i yang ikut serta dalam safari Ramadhan tersebut.

“Safari Ramadhan ini juga bagian dari ikhtiar kita secara kolektif dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Aceh,” pungkas Usamah.

  • Whatsapp

Related posts