Anugerah KPI Wujud Keterbukaan Publik Aminullah”

  • Whatsapp

Banda Aceh – Pemberian Anugerah Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) 2020 untuk Aminullah Usman adalah buah dari penerapan keterbukaan publik selama menjabat sebagai Wali Kota Banda Aceh.

Hal tersebut disampaikan Kabag Humas Setdako Banda Aceh Said Fauzan kepada awak media, Minggu 13 Desember 2020. “Anugerah KPI wujud nyata keterbukaan informasi publik dalam kepemimpinan beliau selama ini,” katanya.

Read More





Menurutnya, tak banyak kepala daerah di Indonesia yang berani membuka “sekat” sehingga bisa berinteraksi langsung dengan warganya. “Lewat program live radio ‘Wali Kota Menjawab’ misalnya, setiap warga bisa menyampaikan uneg-unegnya kepada wali kota.”

Sebenarnya program itu riskan karena bisa saja ada ingin menyudutkan wali kota dan pemerintah. “Walau begitu, beliau berani mengambil risiko tersebut demi memberikan pelayanan terbaik dengan mendengar langsung aspirasi masyarakat. Hasilnya, sebuah penghargaan bergengsi di bidang penyiaran” ujarnya.

Apresiasi juga datang dari para tokoh lembaga penyiaran. Direktur Utama Aceh TV, Dahlan, mengucapkan selamat atas pemberian Anugerah KPI 2020 untuk kategori khusus Kepala Daerah Inspirasi Penyiaran kepada Wali Kota Aminullah.

Katanya, penghargaan tersebut merupakan wujud semangat Pemerintah Kota Banda Aceh dalam melakukan perubahan untuk terus meningkatkan pelayanan publik. “Pak Amin telah mampu menjadi kepala daerah yang terbuka menjawab berbagai persoalan di tengah-tengah masyarakat.”

“Selama menjabat wali kota, beliau telah banyak melahirkan program dan kebijakan yang pro rakyat dan pro transparansi. Salah satunya program ‘Wali Kota Menjadi Menjawab’ yang menjadi penilaian Anugerah KPI 2020,” katanya.

Selain “Wali Kota Menjawab”, Aminullah juga menginisiasi program “Banda Aceh Traffic Update” yang menginformasikan arus lalu-lintas via radio kepada masyarakat, khususnya para pengguna kendaraan bermotor. Program ini turut menjadi atensi KPI pusat.

Pimpinan Three FM Wira Dharma menyebutkan “Banda Aceh Traffic Update” dimaksudkan agar masyarakat khususnya para pengendara kendaraan bermotor untuk dapat sedari awal mengantisipasi terjebak kemacetan pada jam-jam sibuk.

“Kami bangga dapat terlibat langsung dalam program ini. Dan kami juga bangga Pak Amin via ‘Wali Kota Menjawab’ menjadi satu-satunya pemimpin yang berani tampil live tampa sensor menerima kritikan dan masukan dari warga kota,” katanya.

Wira pun mengucapkan terima kasih atas kepercayaan wali kota kepada lembaga penyiaran radio selama ini. “Kami yakin kedua program ini bermanfaat bagi masyarakat dan sudah dibuktikan dengan pemberiam Anugerah KPI 2020 kepada Wali Kota Banda Aceh,” ungkapnya.

Related posts