Ari Salwin Pimpin FOSBA Banda Aceh, Ini Tugasnya

  • Whatsapp

Banda Aceh – Ari Salwin, S.Pd Operator Sekolah SMPN 5 Banda Aceh terpilih sebagai Ketua Forum Operator Sekolah Banda Aceh (FOSBA) pada hari Rabu 19 Agustus 2020 di SMPN 3 Banda Aceh.

Operator Sekolah (OPS) diberi tugas untuk menginput data sekolah dan mengirimnya secara online ke server pusat. Keberadaan OPS dalam dunia pendidikan merupakan hal yang sangat penting, untuk menata sistem administrasi, data dan bahkan ikut mewujudkan visi misi lembaga pendidikan.

Ketua FOSBA Banda Aceh Ari Salwin, S.Pd mengatakan tugas dan fungsi OPS diantaranya Pemetaan Mutu pendidikan, Menginput Calon peserta Ujian, Verval Data Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK), Laporan Individu (LI) Dan Lain – lainnya.

“Begitu pentingnya peran operator sekolah sudah seharusnya peran dan fungsi operator mendapat perhatian penting dari kepala sekolah, secara umum hal ini masih banyak dirasakan oleh operator bahwa peran dan fungsi mereka masih terabaikan,” ujarnya pada Sabtu (29/8/20).

Adapun forum tersebut terbentuk berdasarkan hasil musyawarah perwakilan beberapa operator sekolah, mengingat kondisi pandemi tidak dapat membuat kegiatan secara besar-besaran.

Selain itu dengan terbentuknya FOSBA ini bisa menjadi wadah bagi operator sekolah untuk dapat belajar bersama dalam mencari solusi ketika menghadapi kendala dalam menyelesaikan data aplikasi Dapodik, dan aplikasi data-data pendidikan lainnya.

“Seiring berjalannya waktu Insya Allah kami akan melakukan legalitas terhadap forum ini agar FOSBA memiliki kekuatan hukum sehingga bisa lebih produktif dalam melakukan kegiatan, kemudian untuk visi dan misi kami akan melakukan musyawarah besar dengan seluruh operator tingkat TK/PAUD/SD/SMP kota Banda Aceh,” tutup Ari.

  • Whatsapp

Related posts