Camat Jaya Baru Sosialisasikan Aplikasi Desa Melawan COVID-19 dan e-HDW

  • Whatsapp

Foto : Camat Jaya Baru T.M. Syukri Wardhana, S.STP., M.Si

Banda Aceh – Pemerintah Kota Banda Aceh melalui Camat Jaya baru melakukan sosialisasi dua aplikasi yaitu e-DMC 19 (Desa Melawan Covid-19) dan Human Development Worker (e-HDW) yang bisa membantu pencegahan dalam penanganan virus Covid-19 (Corona virus Disease) dan kesehatan masyarakat desa di Aula Kantor Camat Jaya Baru pada kamis (18/06/2020).

Read More



Kegiatan ini turut dihadiri oleh Sekretaris dan aparatur gampong, serta pendamping desa dan pendamping lokal desa.

Camat Jaya Baru, T.M. Syukri Wardhana, S.STP., M.Si dalam sambutannya menyampaikan bahwa aplikasi ini merupakan tindaklanjut dari surat edaran menteri desa PDTT (Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi) no 13 tahun 2020 tentang pemanfaatan dan penggunaan aplikasi tersebut.

“Aplikasi e-DMC ini membantu Relawan Desa Lawan Covid-19 dalam melaksanakan kegiatan dan memberikan edukasi dan informasi tentang virus corona ke masyarakat, serta pengumpulan data terkait penyebaran virus dan dampaknya bagi masyarakat yang bisa memudahkan proses pelaporan atas kondisi desa terkait Covid-19,” ujarnya.

Sementara aplikasi e-HDW digunakan untuk memastikan layanan gizi masyarakat di masa pandemi Covid-19.

Adapaun aplikasi Desa Melawan Covid-19 dan e-HDW ini digunakan untuk memperoleh data real time dan informasi cepat dan akurat agar para pengambil kebijakan dengan memanfaatkan data real time dapat memantau secara terus menerus beragam kegiatan respons Covid-19 dan pencegahan stunting di gampong.

Syukri juga menginstruksikan kepada pemerintah gampong agar menunjuk operator di masing-masing aplikasi tersebut dan menugaskan pendamping desa untuk melakukan pendampingan terhadap pemanfaatan, pemantauan dan alurasi data.[]

Related posts