Cara Berkomunikasi yang Gagal Menghasilkan Perwujudan Impian yang Gagal

  • Whatsapp

By. Abi Faqih ( Fauzan Rusdi)*

BANDA ACEH – Dua tahun yang lalu, saya mengikuti workshop tentang komunikasi efektif yang disajikan oleh Bapak Saifuddin Banta Syam, beliau pakarnya dibidang ini dan sering menguji para calon Kepala daerah saat penyampaian Visi dan Misi dalam acara debat kandidat.

Saat pembukaan materi komunikasi efektif ini disajikan, saya merasa biasa-biasa saja, karena merasa selama ini memang menjadi pembicara didepan baik dirapat masyarakat maupun beberapa organisasi yang saya pimpin.

Namun, semakin penjelasan demi penjelasan disampaikan ternyata oh ternyata.. sasarannya semakin menarik, yaitu bagaimana kita bisa meminimalisir kalimat kalimat namun lawan bicara kita paham apa yang kita maksudkan, malah ada bahasa tubuh yang tidak perlu diverbalkan namun orang bisa paham dengan harapan kita (tetap mengikuti norma-norma yang berlaku).

Disamping itu diajarkan juga perlunya memiliki manajemen komunikasi yang baik agar orang lain bisa sepersepsi dengan kita untuk mewujudkan obsesi kita. Komunikasi efektif ini sangat diperlukan didalam kehidupan keluarga bersama anak dan istri, bersama tetangga, bersama kolega ditempat bekerja, dimasyarakat

Biasanya, hampir semua kegiatan yang gagal disebabkan oleh cara komunikasi awal yang gagal. Misalnya impian mendidik anak gagal, impian rumah tangga bahagia gagal, impian membina masyarakat gagal, impian membina organisasi juga gagal, salah satu penyebab kegagalan tersebut adalah gagalnya cara berkomunikasi.

Oleh karenanya mari kita bicara tidak sekedar berbicara, gunakan kalimat yang jelas, ekspresikan tubuh untuk mendukung apa yang kita bicarakan.

Ilmu komunikasi efektif ini sangat diperlukan terutama oleh semua suami sebagai kepala rumah tangga, kepala dusun hingga presiden sebagai pemerintahan, pimpinan pimpinan organisasi kemasyarakatan dan perusahaan perusahaan.

Jangan berharap akan terwujudnya impian, bila cara berkomunikasi masih bermasalah.*

*Penulis Pemerhati Sosial Tinggal di Dusun Gano, Gp.Lamdingin Banda Aceh

  • Whatsapp

Related posts