Disdikbud Sukses Lakukan Bimtek Metode Blended Learning Bagi Guru

  • Whatsapp

Banda Aceh – Pemerintah Kota Banda Aceh melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Banda Aceh (Disdikbud) sukses melakukan kegiatan e-Belajar bagi Guru dan Operator Komputer SMP Negeri dan Swasta Banda Aceh mulai tanggal 25 s.d 28 Juni 2020. E-Belajar tersebut dilaksanakan di Sentra Pengembangan Informasi dan Teknologi Pendidikan Kota Banda Aceh (Tekkomdik).

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Banda Aceh Dr. Saminan Ismail, M.Pd mengatakan pada masa pandemi Covid-19 ini program e-learning sedang menjadi perbincangan hangat di dunia pendidikan, seiring bertambah canggihnya teknologi akan mempengaruhi metode pembelajaran yang semakin canggih pula.

“Untuk beralih dari model pembelajaran tatap muka atau bertemu secara langsung, lalu berubah menjadi daring (online) itu sangat membutuhkan dukungan dan kesiapan pengguna baik mental dan biaya yang tidak sedikit namun ini bisa dimulai dengan model Blended Learning. Yaitu suatu gabungan keunggulan pembelajaran yang dilakukan secara tatap-muka dan secara virtual” ujar Saminan di Kantornya, Jumat (03/07/2020).

Lebih lanjut, Saminan menjelaskan pembelajaran metode Blended Learning sebuah kemudahan yang menggabungkan berbagai cara penyampaian, model pengajaran, dan gaya pembelajaran, memperkenalkan berbagai pilihan media dialog antara fasilitator dengan orang yang mendapat pengajaran.

“Blended learning juga sebagai sebuah kombinasi pengajaran langsung (face-to-face) dan pengajaran online.” tuturnya.

Adapun manfaat dari penggunaan e-learning dan juga Blended Learning dalam dunia pendidikan saat ini adalah e-learning memberikan fleksibilitas dalam memilih waktu dan tempat untuk mengakses pelajaran. Guru tidak perlu mengadakan perjalanan menuju ruangan kelas tempat pembelajaran dilaksanakan. E-learning memberikan kesempatan bagi guru secara mandiri memegang kendali atas keberhasilan belajar.

Suksesnya kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka Penyiapan Sumber Daya dan Peningkatan Mutu Guru Bidang Pembinaan Ketenagaan yang dikepalai oleh Marzuki, SH sebagai kepala bidang dibantu oleh Kepala Seksi Data dan Informasi Pendidikan Nur Muhammad, SE., M.Pd dengan menghadirkan Narasumber ahli dari FKIP Unsyiah, Dr. Ismul Huda, M.Si yang sudah dikenal publik dengan konsep E-Belajar.[]

Related posts