Diskominfotik Banda Aceh Minta Masyarakat Saring Sebelum Sharing Informasi

  • Whatsapp

Banda Aceh – Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kota Banda Aceh Fadhil S.Sos., MM, meminta kepada masyarakat untuk lebih cerdas dalam menyebarluaskan informasi.

Ungkapan ini diutarakan mengingat masih banyaknya temuan informasi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan atau Hoaks yang beredar di tengah masyarakat.

Fadhil mencontohkan, berdasarkan laporan rutin Kementerian Komunikasi Informatika (Kominfo) RI periode 1 Februari 2012, pukul 06.00 Wib, setidaknya telah ditemukan 97 konten hoaks terkait vaksin covid-19 di media sosial.

“Menurut data Kominfo RI tersebut, penyebaran konten hoaks dengan konteks vaksin covid-19 ditemukan di platform digital Facebook dengan sebaran 193 kali, Instagram 6 kali, Twitter 39 kali, Youtube 22 kali, Tiktok 15 kali dengan total ada 275 kali dan seluruhnya sudah ditakedown oleh Kominfo RI,” jelas Fadhil Senin (01/02/2021).

Terkait masih tingginya kecenderungan masyarakat dalam menyebarkan isu-isu hoaks, Fadhil meminta bagi masyarakat untuk menyaring informasi terlebih dahulu sebelum menyebarkan (sharing) nya.

  • Whatsapp

Related posts