Gampong Lambung Dicanangkan Gampong Sehat Gemilang

  • Whatsapp

Banda Aceh – Gampong Lambung, Kecamatan Meuraxa baru saja dicanangkan sebagai Gampong Sehat Gemilang (GSG) tahun 2020 oleh Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman di Gedung Escape Building Lambung, Jumat (20/11).

Sebelumnya, pada Lomba GSG tahun ini, Lambung berhasil menjadi juara dua terbaik atau kategori “Ceudah”.

Read More





Atas capaian tersebut, Camat Meuraxa Ardiansyah S.STP, M.Si turut memberi apresiasi kepada aparatur serta seluruh warga Gampong Lambung yang telah memberikan hasil terbaik dalam lomba tersebut.

“Suatu prestasi tersendiri bagi gampong lambung khususnya dan kecamatan Meuraxa pada umumnya,” katanya didampingi Kapolsek Meuraxa, Iptu Sujono dan Danramil 15/Meuraxa Kapten Inf Nanang Junaedi.

Ardiansyah berharap agar prestasi ini menjadi pemantik semangat bagi 15 gampong lain yang ada di kecamatan Meuraxa untuk bisa berpacu dalam hal prestasi.

“Juga harapan kami dapat menumbuh kembangkan partisipasi masyarakat khususnya di bidang penghijauan, ketahanan pangan dan juga dalam bidang kesehatan mungkin itu menjadi perhatian kita khususnya di saat pandemi covid,” harapnya.

Sementara itu, Kechik Gampong Lambung Yasir, ST menyebutkan, sebelumnya pihak gampong bersama masyarakat telah mendapatkan pembinaan terkait gampong sehat dari Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh sejak dua bulan lalu.

Kemudian, pihaknya mengarahkan para ibu gampong lambung untuk mensurvei kondisi gampong untuk kelengkapan data-data.

“Kami juga mengajak warga untuk bergotong royong membersihkan halaman. Pada intinya memang sudah biasa kami himbau untuk membersihkan halaman rumah dan perkarangan,”

Menurut Yasir, yang paling sulit dirubah adalah perilaku warga. Kendati demikian, ia terus berupaya mengedukasi warga agar sadar akan pentingkan membangun Gampong Sehat Gemilang.

“Masih ada ditemukan bekas pembakaran sampah, lahan kosong dan tidak terawat dan ada beberapa saluran yang tersumbat dengan tanah. Tapi kita pihak aparatur gampong terus berupaya mensosialisasikan agar hal itu tidak terjadi lagi.”

Related posts