Kadisdikbud: PTK Merupakan Komponen Penting Terwujudnya Pendidikan Berkualitas

Banda Aceh – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Banda Aceh Dr. Saminan,M.Pd membuka kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG) Gugus Bungong Meulu di SD Negeri 1 Banda Aceh, Senin (05/04/21).

Kegiatan tersebut guna mengembangkan kemampuan guru Sekolah Dasar dalam wilayah kerja kecamatan kuta Raja agar lebih professional dan berprestasi.

Dalam sambutannya, Dr. Saminan.M.Pd menyampaikan bahwa Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) merupakan salah satu komponen penting yang mendukung terwujudnya pendidikan yang baik dan berkualitas, oleh karena itu pemerintah memiliki kepedulian terhadap Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK). Sebagai seorang tenaga pendidik, guru harus memiliki kompetensi dan keahlian sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Oleh karena itu, katanya, pendidik/guru harus memiliki wadah tersendiri untuk meningkatkan profesionalitas kerjanya, setidaknya ada 20 strategi mengajar yang harus dimiliki dan dikembangkan oleh guru agar profesionalisme dan berprestasi dapat terwujud yaitu, Action Research, Gambar visual, Applied learning, puisi, Sosio drama, Pertunjukan, kartu permainan, kartu baca, Movie learning, flash card, penokohoan, identifikasi, Klasifikasi, Prestasi, simulasi, permainan kelas, Diskusi kelas, peta konsep, Environment learning dan service learning.

Kepala SD Negeri 1 Ramli, S.Pd., M.Pd menyampaikan tujuan yang hendak dicapai dengan adanya Kelompok Kerja Guru (KKG) meliputi, menjadi tempat untuk berbagi dan diskusi tentang proses pembelajaran, memperluas pemahaman dan pengetahuan profesional guru berdasarkan rasa kekeluargaan.

Lebih lanjut, pelaksanaan KKG diharapkan mampu membawa perubahan positif di lingkungan sekolah. Adapun indikator keberhasilannya meliputi mutu pelayanan pembelajaran mengalami peningkatan yang ditandai dengan pembelajaran yang semakin mendidik, menyenangkan dan bermakna bagi peserta didik.

Pada akhirnya, Saminan mengharapkan agar praktek baik ini tidak hanya dilaksanakan oleh KKG Gugus Bungong Meulu tetapi semua gugus dapat melaksanakannya sesuai dengan prosedur.










Related posts