Layanan Usaha Kesehatan Dayah, Ikhtiar Walikot Wujudkan Kota Layak Anak Paripurna

  • Whatsapp

Banda Aceh- Sinergisitas Program Disdik Dayah dan Dinkes Kota Banda Aceh dalam mewujudkan Pelayanan Kesehatan di Dayah merupakan langkah terobosan dalam mewujudkan Banda Aceh sebagai Kota Layak Anak Paripurna, ungkap Alizar Usman, S,Ag,M.Hum Kadisdik Dayah Banda Aceh.

Sebagaimana intruksi Walikota Banda Aceh melalui Surat No.440/0294 tanggal 8 Februari 2021, ungkap Abah Lam Ateuk panggilan familiar Alizar Usman dan langsung direspon secara positif oleh Dinkes Kota Banda Aceh.

Ini membuktikan Komitmen Walikota Banda Aceh, Aminullah Usman, SE, Ak, MM dalam menjadikan Banda Aceh meraih prediket Kota Layak Anak Utama (KLA Utama/Paripurna).

Sementara Kepala Dinkes Kota Banda Aceh Lukman, SKM,M.Kes melalui Kabid Promkes, Saifuddin Malek, SKM mengatakan ini merupakan salah satu dari 12 Indikator Standar Pelayanan Minimal (SPM) Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh bagi upaya menjaga dan memelihara kesehatan warga santri dan sekolah agar tetap sehat.

Program pelayanan kesehatan di Sekolah dan Dayah ini dilaksanakan secara reguler oleh Puskesmas melalui program usaha kesehatan sekolah/dayah (UKS/D) dengan strategi kunjungan ke sekolah/Dayah yang berada di wilayah kerja Puskesmas.

Upaya kesehatan ini berupa Pelayanan Pemeriksaan Kesehatan Fisik, Pelayanan Kesehatan Gigi dan mulut, Kesehatan Lingkungan dan sanitasi Dayah dan Penyuluhan Kesehatan serta konsultasi kesehatan.

Sehingga diharapkan, upaya ini dapat meningkatkan semangat para santri dan pengelola Dayah dalam memahami pentingnya menjaga kesehatan, menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dan pada akhirnya akan terbentuk kebiasaan pola hidup sehat dikalangan santri dan lingkungan Dayah.

Karenanya Dinkes Kota melalui UPTD Puskesmas telah membuat jadwal secara periodik (sebulan sekali) guna memastikan santri dayah tetap sehat. Insya Allah Dinkes Kota Banda Aceh akan senantiasa bersinergi dengan Disdik Dayah dalam menjalanan Program Pelayanan Usaha Kesehatan Dayah (UKD). (SM)

  • Whatsapp

Related posts