Masjid Harus Jadi Pusat Peradaban

  • Whatsapp

Banda Aceh – Semestinya setiap masjid memiliki akun media sosial (medsos), seperti facebook, youtube, dan website untuk menyebarkan berbagai informasi positif bagi masyarakat.

“Lewat medsos bisa dipublikasi pengajian sehingga dapat ditonton oleh masyarakat luas,” tegas Ustaz Irhamullah El Mas’udy saat memberikan materi pada kegiatan Pembinaan dan Pelatihan Manajemen Masjid bagi BKM se-Aceh, di Banda Aceh, (25/3/2021).

Kalau ada yang siaran langsung lewat medsos masjid atau medsos jamaah, tentu bisa dilihat umat. Ini sangat bagus, misalnya ada ibu-ibu yang tak bisa keluar rumah, mereka dapat nonton via medsos.

Wakil Sekjen Dewan Masjid Indonesia (DSI) Provinsi Aceh yang juga Direktur Lembaga Tahsin, Tahfiz dan Tafsir Qur’an (LT3Q) El Mas’udy ini berharap masyarakat untuk memakmurkan masjid dan masjid harus mampu memakmurkan masyarakat.

Menurutnya, masjid harus jadi pusat peradaban dan perubahan sosial. Ketika ada masalah apa pun dalam masyarakat, harus kembali ke masjid.

Badan Kemakmuran Masjid (BKM) perlu menjalankan manajemen secara maksimal. Paling tidak, penerapan manajemen masjid harus memenuhi syarat: visi dan misi yang jelas, program yang realistis, implementasi program yang berbobot, pemimpin yang efektif dan pengurus yang dinamis. Jika poin tersebut berhasil direalisasi maka fungsi masjid sebagaimana tuntunan syariat Islam telah diterapkan.

  • Whatsapp

Related posts