Menkes RI Apresiasi Wali Kota dan Forkopimda Cegah Covid-19

  • Whatsapp

Banda Aceh – Upaya Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 yang terus dilakukan oleh Pemerintah Kota Banda Aceh di bawah kepemimpinan Wali Kota Aminullah Usman dan Forkopimda kembali mendapat Apresiasi, teranyar dari Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin.

Hal itu terungkap dalam acara video conference dengan tema “Scalling Up Testing” Menteri Kesehatan bersama Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh dan Dinas Kesehatan Kota Padang, Minggu (31/1/2021).

Apresiasi yang diberikan bersama Kota Padang tersebut berdasarkan kerja keras Forkopimda Banda Aceh dalam menurunkan kasus Covid-19 dengan Positive Rate yang paling rendah yaitu 0.12 sesuai aplikasi Allrecord yang dianalisis oleh Litbangkes Pusat.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin meminta agar Kota Padang dan Banda Aceh dapat dijadikan acuan sebagai daerah yang mampu mengendalikan laju penyebaran Covid-19 se-Indonesia.

“Walau status Kota Banda Aceh saat ini berada pada posisi orange diharapkan secepatnya akan menjadi kuning seperti Kota Padang hingga pada akhirnya dapat menjadi hijau seperti awal sebelum pandemi covid-19,” katanya.

Sementara itu Wali Kota Aminullah Usman dalam penyampaiannya mengatakan keberhasilan ini tak lepas dengan diterbitkannya Peraturan Walikota No.51 tahun 2020 yang terbukti efektif dalam menekan laju penyebaran kasus Covid-19 di Kota Banda Aceh.

“Selain terbitnya Perwal 51, hal paling penting adalah meningkatnya kesadaran masyarakat dalam menerapkan Prokes 4 M, yaitu Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak dan Menghindari Kerumunan,”jelasnya.

Wali Kota juga menghimbau kepada seluruh warga Kota Banda Aceh jangan kendor dan jangan lengah dalam menerapkan protocol kesehatan 4M+ yaitu Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak dan Menghindari Kerumunan.

“Pemerintah Kota Banda Aceh dan Forkopimda juga terus bersinergi dan bekerjasama dalam pencegahan covid-19 dengan rutin melakukan razia yustisi, dan berharap dukungan dari warga agar terus mematuhi protokol kesehatan,” harapnya.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Kepala Litbangkes Pusat, Plt. Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian penyakit, Plt. Direktorat Surveylain dan Karantina Kesehatan, Kepala Puslitbang BDTK, Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang dr.Ferimulyani dan Kepala Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh Lukman,SKM.M.Kes.

  • Whatsapp

Related posts