Pemko Banda Aceh dan UT Akan Tandatangani Mou Kerjasama Pendidikan

  • Whatsapp

Banda Aceh – Pemerintah Kota Banda Aceh sedang menjajaki kerjasama bidang pendidikan dengan pihak Universitas Terbuka (UT).

Hal ini terungkap dalam pertemuan Wali Kota Banda Aceh H Aminullah Usman SE Ak MM dengan Musliadi, Manajer Keuangan dan Umum UT Regional Aceh, Rabu (5/5/2021) Bersama Musliadi juga hadir sejumlah pejabat UT lainnya, Sitti Jamilah selaku Penanggungjawab Program Pasca Sarjana dan Daud tim hukum kampus yang bermarkas di kawasan Punge tersebut.

Read More

Dari jajaran Pemko, turut mendampingi wali kota, Asisten I Faisal SSTP, Kabag Tata Pemerintahan Fahmi S Sos MSi dan Kabag Prokopim Said Fauzan SSTP MA.

Dalam pertemuan ini, UT dan Pemko membahas kemungkinan kerjasama terkait pada peningkatan kualitas SDM aparatur.

Wali Kota Aminullah sendiri menyambut baik wacana tersebut karena berdampak pada peningkatan kapasitas SDM.

Katanya, para PNS Pemko yang ingin melanjutkan pendidikan sangat cocok dengan program di UT karena tidak harus hadir fisik.
“PNS dengan segala rutinitas dan pekerjaannya tetap bisa melanjutkan pendidikan. Di UT sangat cocok karena tidak perlu tatap muka,” kata wali kota yang juga tertarik dengan program S3 di UT.

Untuk detail kerjasama, nanti poin-poinnya akan dituangkan dalam kesepahaman bersama (MoU) yang akan ditandatangani wali kota dengan pimpinan UT di Jakarta.

Manajer Keuangan dan Umum UT Regional Aceh, Musliadi mengatakan di UT tersedia program S1, S2 dan S3. Pihaknya siap membangun kerjasama dengan Pemko dalam rangka meningkatkan kapasitas aparatur.

Dikatakannya, saat ini UT Regional Aceh telah melahirkan 1685 orang alumni di Banda Aceh dari 25 ribu orang di seluruh Aceh.

Selain membahas soal pendidikan, dalam kesempatan ini kedua belah pihak juga berbicara soal penataan taman. Di dekat kantor UT Regional Aceh di Punge, ada lahan milik Pemko. Institusi pendidikan tersebut ingin memanfaatkan lahan tersebut untuk taman agar lebih indah dipandang mata.

Di akhir pertemuan, wali kota dan Musliadi saling tukar cindera mata.

Wali Kota juga menyerahkan buku ‘Ala Aminullah Perangi Rentenir’ kepada para pejabat UT.

“Di UT tentu ada pustaka, ini bisa di tempatkan di pustaka. Kenapa angka kemiskinan di Aceh masih tinggi, karena rentenir masih ada. Nah, di buku ini kita ingin berbagi strategi memberangus rentenir,” kata Aminullah Usman.[]

Related posts