Punggawa Disdik Dayah Banda Aceh Temui Abah Lamlagang

  • Whatsapp

Banda Aceh- Seperti biasanya para punggawa Dinas Pendidikan Dayah (Disdik Dayah) Banda Aceh dibawah kepemimpinan Alizar Usman, S.Ag,M.Hum sejak Awal Maret 2021 gencar-gencarnya melakukan silaturrahmi dengan Pimpinan Dayah/Pesantren di Kota Banda Aceh.

Program Jak Saweu Dayah bagian dari upaya menjalin silaturrahmi antara Pimpinan Dayah dengan Punggawa Disdik Dayah Kota Banda Aceh sekaligus media merespon keinginan Pimpinan Dayah dalam pengusulan program 2022, ungkap Zainura, SE, M.Si Kabid Sapras dan Pengembangan Dayah Kota Banda Aceh.

Senin, 22 Maret 2020 Punggawa Disik dayah menyapa Abah Zumitra Fastwa yang lebih familiar dikenal Abah Lam Lagang. Alumni Dayah Ruhul Fata, Abon Seulimum, Aceh Besar ini, salah seorang ulama muda Kota Banda Aceh yang sangat bersahaja.

Dalam bincang-bincang pagi sambil menikmati suguhan coffe pagi, belaiu bercerita tentang kisahnya membangun Dayah Nidhamul Fata. Saat dibangun Balai tempat pengajian sebagai cikal bakal berdirinya Dayah di tahun 2005, Abah Lam Lagang berdoa agar di Dayah ini dikunjungi para Aulia Allah, doa beliau dikabulkan.

Diawali dengan Kunjungan Wali Allah perdana, Abu Ibrahim Woyla, salah seorang ulama kharismatik pantai barat, dikenal “keuramat”. Setelah kunjungan ulama ini pula, dayah Nidhamul Fata yang dipimpin oleh Abah Lam Lagang, terus maju dan dimudahkan setiap urusan dalam pengembangan dayah, ungkap Abah Lam Lagang.

Dayah Nidhamul Fata yang kini semakin menawan setiap tahunnya selalu dikunjungi “para habaib” (waliyullah). Sebelum pandemi covid-19 dayah ini memiliku 15 orang santri luar negeri yang berasal dari Malaysia. Akan tetapi saat ini tinggal 3 santri luar negeri yang bertahan disini, tutur Abah Lam Lagang.

Kehadirian tiga orang Punggawa Disdik Dayah Banda Aceh yang terdiri dari Zainura, SE, M.Si Kabid Sapras dan Pengembangan Dayah, Muhammad Syarif, SHI,M.H Kabid SDM dan Manajemen Disdik Dayah serta Saiful Bahri, S.Ag Kasi Manajemen dalam rangka menggali informasi terhadap rencana pembangunan dayah kedepan.

Sembari meminta doa kepada Abah Lam Lagang agar usulah program Tahun 2022 dilancarkan dan diterima Tim TAPD Kota Banda Aceh (SM)

  • Whatsapp

Related posts