Pusat Riset dan Pengembangan PMRI USK Gelar Raker, ini Program Unggulan yang Disusun

  • Whatsapp

Banda Aceh- Dalam rangka menyusun program kerja tahun 2021 Pusat Riset dan Pengembangan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PRP-PMRI) Universitas Syiah Kuala (USK) menggelar rapat kerja (raker) bersama dengan pengurus melalui aplikasi Zoom Meeting pada Senin (25/01/2021), yang dibuka oleh Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Syiah Kuala, Prof. Dr. Taufik Fuadi Abidin, MTech dan dihadiri oleh 23 peserta.

Kepala PRP-PMRI, Prof. Dr. Rahmah Johar, MPd menyampaikan, kegiatan raker ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja tahun 2020 dan menyusun program kerja tahun 2021.

“Salah satu agenda kegiatan tahun 2021 adalah melakukan rintisan menuju Pusat Unggulan Iptek (PUI) di Indonesia, seperti harapan yang disampaikan oleh Rektor USK pada saat menyerahkan sertifikat kategori A pada tanggal 15 Januari 2021 kepada PRP-PMRI”, ungkap Rahma Johar.

Lanjutnya, oleh karena itu pada raker ini PRP-PMRI mengundang kepala Pusat Riset Nilam (Atsiri Research Centre/ARC) USK yaitu Dr. Syaifullah Muhammad, yang telah berhasil menjadi PUI pada tahun 2018, ini dilakukan untuk mendapatkan informasi tentang strategi yang perlu disusun agar PRP-PMRI bisa menjadi PUI.

Rahma Johar juga menambahkan, pada tahun 2021, PRP-PMRI Universitas Syiah Kuala sudah menyusun berbagai proram kegiatan dalam lingkup Nasional maupun Internasional.

“Dalam raker tersebut kita sudah menyusun berbagai program unggulan, antara lain melaksanakan penelitian dan publikasi, memfinalisasi Book Chapter tentang lintasan belajar dalam bentuk RPP satu halaman, melengkapi konten website math-TPACK dan Remedial Project, menyelenggarakan webinar Internasional RME dan workshop Geogebra, meningkatkan kerjasama dalam dan luar negeri, kolaboratif riset dengan peneliti luar negeri, dan mengusulkan HKI”, terang Rahma Johar yang juga merupakan dosen Jurusan Pendidikan Matematika USK.

Guru Besar USK ini juga menjelaskan bahwa PRP-PMRI baru saja menerima sertifikat dan plakat sebagai pusat riset berkategori A di lingkungan USK.

“Alhamdulillah, beberapa waktu lalu atas usaha semua anggota tim, PRP-PMRI mendapat penghargaan dari USK sebagai pusat riset berkategori A, sambungnya indikator penilaian yang dilakukan oleh USK mengacu pada beberapa komponen penilaian dari Pusat Unggulan Iptek (PUI) Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, yang meliputi aspek tata kelola, academic excellent, dan komersialisasi. Capaian yang didapat ini tentunya semakin memacu PRP-PMRI untuk terus berkembang dan berinovasi dalam meningkatkan pembelajaran matematika dengan memperhatikan kebutuhan daerah dan memanfaatkan perkembangan teknologi,” jelasnya.

Rahma Johar diakhir realease yang dikirimkannya juga mengatakan PRP-PMRI disamping melakukan berbagai riset juga melayani konsultasi atau diskusi mengenai trik menulis makalah untuk publikasi di jurnal Nasional dan Internasional, Cara menggunakan reference manager, seperti software mandeley, trik memparafrase kalimat, trik menulis literature review, analisis data penelitian.

Selanjutnya merancang lintasan belajar (Learning Trajectory) dalam bentuk RPP 1 halaman, pembelajaran Spatial Reasoning, penggunaan Teknologi dalam Pembelajaran Matematika, mengembangkan literasi matematis siswa, menyelesaian soal-soal AKM dan Olimpiade, Pengembanga soal matematika dengan berbagai konteks (konteks budaya, kebencanaan, lingkungan, nilai Islami, dan lain-lain, serta pengembangan soal setara PISA.

“Untuk Informasi lebih banyak tentang PRP-PMRI dapat diakses melalui Website: http://prp-pmri.unsyiah.ac.id/ dan https://www.facebook.com/profile.php?id=100044421905903
atau silahkan kontak kami melalui email prp.pmri@unsyiah.ac.id”, pungkas Rahma Johar.

  • Whatsapp

Related posts