Puskesmas Jeulingke dan Syiah Kuala Adakan Lokakarya Mini Lintas Sektor

  • Whatsapp

Banda Aceh – Dua UPTD Puskesmas di Kecamatan Syiah Kuala mengadakan kegiatan Lokakarya Mini Lintas Sektor, Senin (23/11/2020) di Kantor Camat Syiah Kuala.

Kegiatan ini dilakukan oleh UPTD Puskesmas Kopelma dan UPTD Jeulingke yang diikuti oleh para Keuchik Kecamatan Syiah Kuala,Tim Muspika, Tim PKK Kecamatan Syiah Kuala dan Kader Posyandu.

Read More





Camat Syiah Kuala, H. Aulia R. Dahlan, S.Sos dalam sambutannya saat membuka kegiatan tersebut mengatakan kegiatan ini sangat penting untuk mengetahui situasi kesehatan saat ini di Kecamatan Syiah Kuala.

“Kita akan mengetahui situasi kesehatan yang ada di gampong kita, terutama informasi mengenai Covid-19 dan kita tidak luput mensosialisasi kepada masyarakat rentang memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak,” kata Aulia.

Kepala UPTD Puskesmas Jeulingke drg. Juwairiyah Nasution, M. Kes mengatakan program kegiatan selama Januari sampai Oktober yang tidak terselenggarakan merupakan kegiatan yang ke sekolah-sekolah di Kecamatan Syiah Kuala.

“Capaian sampai Oktober hampir rata-rata sudah selesai, yang tidak selesai itu kegiatan yang di sekolah baik itu gizi, promkes, kesling dan lain-lain,” kata Juwairiyah.

Kata Juwairiyah, jika sekolah sudah kembali melakukan aktivitasnya pihaknya akan kembali bekerjasama dengan pihak sekolah untuk menyelesaikan masalah-masalah kesehatan yang ada di sekolah.

Juwairiyah mengajak masyarakat dalam verifikasi STBM ( Sanitasi Total Berbasis Masyarakat) untuk menjaga kebersihan lingkungan sehingga tahun depan desa di wilayah kerja PKM Jeulingke bisa dilakukan deklarasi STBM ke 5 Pilar.

Selain itu, Kepala UPTD Puskesmas Kopelma Darussalam Faisal, SKM, MKM mengatakan selama Covid-19 kunjungan ibu hamil atau balita ke puskesmas dan posyandu menurun drastis.

Faisal mengatakan selama pandemi juga kurang kooperatif masyarakat terhadap kunjungan tenaga kesehatan ke rumah masyarakat.

“Tidak adanya proses belajar dan mengajar menjadi salah satu tertundanya layanan kesehatan di Puskesmas Kopelma Darussalam,” tutupnya.

Kegiatan ini diselenggarakan dengan menerapkan protokol kesehatan seperti menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

Related posts