Tim Medis Lakukan Pemeriksaan Kesehatan Santri Dayah Al Fatani Darussalam

  • Whatsapp

Banda Aceh -Dalam rangka pemenuhan protokol kesehatan dan penerapan dayah bersih dan sehat di lingkungan pemerintah Kota Banda Aceh.

Dinas Kesehatan melakukan pelayanan kesehatan anatara lain pemeriksaan kesehatan berkala bagi santri dan guru di dayah, penyuluhan kesehatan, pemeriksaan hygiene dan sanitasi lingkungan dayah sejak tanggal 22 Maret 2021 kesejumlah Dayah di Banda Aceh.

Kadisdik Dayah Kota Banda Aceh Alizar Usman, S,Ag,M.Hum., mengatakan sinergisitas program Disdik Dayah dan Dinkes Kota Banda Aceh merupakan langkah terobosan yang positif guna meningkatkan kesehatan dilingkungan dayah.

Sementara itu Kepala Dinkes Kota Banda Aceh Lukman, SKM,M.Kes melalui Kabid Kesmas, Saifuddin Malik, S.Sos, SKM., mengatakan ini merupakan salah satu dari 12 indikator Standar Pelayanan Minimal (SPM) Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh bagi upaya menjaga dan memelihara kesehatan warga santri dan sekolah agar tetap sehat.

Program pelayanan kesehatan dayah ini dilaksanakan secara reguler oleh Puskesmas melalui program usaha kesehatan sekolah/dayah (UKS/D) dengan strategi kunjungan ke sekolah/dayah yang berada di wilayah kerja Puskesmas.

Upaya kesehatan ini berupa pelayanan pemeriksaan kesehatan fisik, pelayanan kesehatan gigi dan mulut, kesehatan lingkungan dan sanitasi dayah dan penyuluhan kesehatan serta konsultasi kesehatan.

Senin, 29 Maret 2021 Tim medis yang dipimpin dr. Wilda dan rombongan mengunjungi Dayah Al Fatani Darussalam, Punge Blang Cut Kecamatan Jaya Baru.

Kehadiran rombongan UPTD Puskesmas Jaya Baru ini juga didampingi pejabat Dinkes Kota Banda Aceh antara lain Mulyani dan Bungsu Riana serta Pejabat Disdik Dayah Banda Aceh diantaranya Muhammad Syarif, SHI,M.H Kabid SDM dan Manajemen Disdik Dayah, Saiful Bahri, S.Ag Kasi Manajemen.

Kegiatan Pelayanan Kesehatan bagi santri dan guru Dayah ini bagian dari respon intruksi Walikota Banda Aceh sesuai Surat No 440/0294 tanggal 8 Februari 2021 ungkap Saifuddin Malik, S.Sos, SKM Kabid Kesmas Dinkes Banda Aceh.

Kita berharap lingkungan Dayah tetap bersih. Dalam kegiatan tersebut Dinkes Kota Banda Aceh juga menyerahkan sabun mandi untuk seluruh santri yang telah diperiksa kesehatannya oleh Tim Medis.

Lebih lanjut Saifuddin Malik mengatakan Dinkes Kota Banda Aceh akan senantiasa bersinergi dengan Disdik Dayah dalam menjalankan program pelayanan Usaha Kesehatan Dayah (UKD).

  • Whatsapp

Related posts