Wali Kota Minta Gampong Perketat Protokol Kesehatan

  • Whatsapp

BANDA ACEH – Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman meminta aparatur gampong (desa) yang sebelumnya tergabung dalam tim siaga Covid-19 untuk kembali memperketat protokol kesehatan di tiap-tiap gampong di Banda Aceh.

Prihatin ini kembali membayangi wali kota usai kabar yang memberitakan bahwa virus mematikan, Covid-19 ini merebak cukup cepat dengan angka 37 orang positif dalam satu hari.

Baca juga ya: Plt Gubernur Instruksikan Bupati/Wali Kota Siaga 1, Covid Meningkat

Berdasarkan informasi diumumkan oleh Kepala Dinas Kesehatan Aceh, Hanif, ada 74 orang pasien covid hari ini di Aceh, dalam perinciannya ia menyebutkan Banda Aceh dengan angka terbanyak per pukul 16.02 WIB.

Sementara rangkuman dari Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh, pasien di Banda Aceh satu hari sebelumnya adalah sebanyak sembilan orang, Kamis 30 Juli 2020 per pukul 12.00 WIB ada sebanyak 26 orang yang baru tercatat. Total akumulasi di Banda Aceh ada 68 kasus positif, 35 orang tengah di rawat, 31 dinyatakan sembuh dan 2 orang meninggal dunia.

Tak tinggal diam, Aminullah pun segera instruksikan jajaran aparatur gampong melalui para camat untuk memastikan setiap warga yang baru dari kuar kota atau pendatang untuk segera menjalani karantina mandiri selama 14 hari, “jika ada gejala klinis segera hubungi tim medis untuk penanganan lebih lanjut,” kata Aminullah, Kamis 30 Juli 2020, di kediaman dinasnya.

Kemudian, melalui tim pencegahan gampong Aminullah juga meminta agar upaya sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat secara gencar terus dilakukan.

Upaya pencegahan lainnya, Aminullah juga meminta di setiap gampong untuk memperhatikan tempat pelayanan publik, balai pengajian dan kedai kopi kecil untuk disediakan tempat cuci tangan dengan air yang mengalir dan menggunakan sabun.

“Ini bagian dari penerapan new normal, yaitu membiasakan mencuci tangan dalam setiap dan usao beraktivitas.”

“Kami berharap semua bersabar dengan situasai dan kondisi saat ini. Saya yakin jika sama-sama kita patuh dalam menjalankan protokol kesehatan maka semua akan kembali normal dengan cepat,” kata Aminullah.

Related posts