FKUB Bireuen Gelar Dialog Antar Umat Beragama

  • Whatsapp

Bireuen — Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) kabupaten Bireuen menggelar dialog antar umat beragama dalam kabupaten setempat. Acara berlangsung di aula kankemenag Bireuen, Selasa (20/10/2020).

Kegiatan berlangsung selama satu hari ini, diikuti 45 peserta dari unsur Kantor Urusan Agama (KUA), penyuluh agama Islam, anggota FKUB, tokoh masyarakah/ pemuda/ perempuan, dan dari kantor kementerian agama.

Read More





Ketua panitia, Tgk Hamdani Nurdin mengatakan, tujuan diselenggarakan kegiatan ini adalah untuk memelihara dan menjaga kerukunan antar umat beragama dalam situasi apapun yang tengah melanda Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Ia menambahkan, adapun nara sumber yang akan membahani peserta dialog antara lain dari unsur Polres Bireuen, Kejaksaan Negeri Bireuen, Kankemenag Bireuen, dan unsur akademisi.

Dialog yang mangusung tema “memelihara kerukunan umat beragama dalam mencegah disintegrasi bangsa di tengah pandemic covid-19,” dibuka oleh Bupati Bireuen Dr H Muzakkar A Gani SH MSi, diwakili staf ahli bidang pemerintahan, hukum, dan politik, Irfan SPd MPd.

Dalam sambutannya sebagaimana dibacakan Irfan menyampaikan apresiasi yang tinggi atas pelaksanaan kegiatan dialog antar umat beragama ini.

Bupati berharap kegiatan ini menjadi suatu wadah untuk senantiasa memelihara kerukunan dan toleransi antar umat agama dengan mengutamakan semangat persatuan dan kesatuan yang dilandasi Pancasila dan UUD 1945.

Penyebaran informasi yang tidak bertanggungjawab, lanjut Irfan telah menyeret ke ranah keyakinan umat beragama. Jika hal ini tidak disikapi dengan baik dan bijak maka akan membahayakan keutuhan bangsa.

Menurut Muzakkar, isu-isu negatif dan destruktif yang berkembang haruslah dijelaskan secara tegas dan jelas oleh para pemangku kebijakan, dalam hal ini pemerintah. Pemerintah harus menjelaskan kondisi sebenarnya yang terjadi dan lagkah-langkah antisipasi dalam menyelesaikan persoalan ini.

Ia menambahkan, segala isu apabila dikaitkan dengan persoalan keyakinan agama, maka akan sangat berbahaya, apalagi pada masyarakat yang menjunjung tinggi keyakinan agama.

Karena itu perlu upaya bersama selaku tokoh masyarakat untuk memberi penjelasan, apa dan bagaimana yang sebenarnya tengah terjadi, jelas Muzakkar sebagaimana dibacakan Irfan.

Turut hadir saat pembukaan acara Kepala Kantor Kesbangpol Bireuen, Zaldi; Kepala Kankemenag Bireuen, Drs H Zulkifli Idris MPd yang diwakili kasubbag TU, Iskandar SHI; dan Kepala Dinas Syariat Islam kabupaten Bireuen.[Farizal]

Related posts