MIN 50 Bireuen Raih Penghargaan Sekolah Aktif Literasi Nasional dari GMB-Indonesia

  • Whatsapp

Bireuen — MIN 50 Bireuen yang dulu dikenal MIN Cot Meurak Bireuen meraih penghargaan sebagai sekolah aktif literasi nasional. Penghargaan ini diberikan oleh Gerakan Menulis Buku Indonesia (GMB-I) dan Gerakan Sekolah Menulis Buku (GSMB) Nasional.

Pembukaan selubung penghargaan tersebut dilakukan kasi pendidikan madrasah Kankemenag Bireuen, Anis SAg bersama kepala MIN 50 Bireuen, Darmawati MAg, Senin (5/4) di halaman madrasah tersebut.

Pada kesempatan yang sama madrasah tersebut juga meluncurkan buku antologi puisi yang berjudul Senarai Karya Anak Negeri, karya siswa MIN 50 Bireuen.

Buku tersebut merupakan kumpulan karya tulis siswa kemudian diseleksi oleh pembina literasi madrasah, lalu dikirim ke redaksi GSMB di Surakarta, Jawa Tengah untuk diseleksi kelayakannya.

Atas nama Kankemenag Bireuen, Anis merasa bangga dan mengucapkan terima kasih kepada kepala madrasah, pengawas MI, Dra Zakiah, Sosialisator Program Literasi (SPL) dari GMB Indonesia Dewi Sofiana, guru madrasah dan para wali siswa yang telah mendukung aktifnya literasi di MIN 50 Bireuen.

“Meskipun sekolah kita berada di kecamatan, kita harus bangga karena sudah aktif dalam program literasi, karena tidak semua sekolah (MI jajaran kemenag) ikut program literasi ini,” demikian antara lain kata Anis saat memberi kata sambutan.

Sementara itu, SPL-GMB, Dewi Sofiana memuji program yang dilakukan kepala MIN 50 Bireuen Darmawati yang telah menunjukkan komitmen dan kepedulian tinggi untuk memajukan literasi bangsa.

“Kami memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada MIN 50 Bireuen, khususnya kepada kepala madrasah, ibu Darmawati yang telah menunjukkan komitmen dan kepedulian tinggi untuk memajukan literasi madrasah,” katanya.

Pada acara tersebut juga diisi dengan penyerahan penghargaan dari GMB-I dan GSMB Nasional untuk 50 siswa penulis puisi dan tujuh guru penulis artikel. Kemudian artikel guru tersebut akan diterbitkan dalam buku artikel guru penulis nasional yang diterbitkan program GSMB.

Ketujuh guru tersebut adalah, Rahmat SPd, Muhammad Sami SPdI, Arif Muhammad Ikbal SPdI, Najib Zakaria SPdI, Dewi Rihan SPdI, Nadia Audina SPd dan Nurliana SPd. [Farizal]

  • Whatsapp

Related posts