Kalau Ingin Terkenal, Menulislah

  • Whatsapp

Oleh : Rusydi, SAg*          SANTERDAILY.COM |ACEH BESAR-–Seperti jadwal kegiatan literasi ke sekolah program Sistem Pendidikan Terpadu jenjang SD Aceh Besar yang sudah tersusun sebelumnya, hari ini Senin (18/2/2019) menuju ke tiga SD yang lokasinya tidak terlalu berjauhan.

Sekolah tersebut terdiri dari SD Negeri Lamreung yang terletak di kecamatan Krueng Barona Jaya, SD Negeri Cot Meuraja di kecamatan Blang Bintang, dan SD Negeri Neusok Teubalui yang terletak di kecamatan Darul Kamal.

Read More





Sebenarnya pada awalnya hanya dua sekolah yang dikunjungi per hari, masing-masing satu tim yang terdiri dari dua orang per timnya. Namun dalam perjalanan waktu, karena banyaknya kegiatan Dinas yang harus dikerjakan, akhirnya penanggung jawab program, Agus Jumaidi meminta saya, selaku koordinator tim untuk membuat satu tim lagi.

Akhirnya saya susunlah tiga tim yang akan menyelesaikan sisa sekolah yang belum dikunjungi, secara rinci tim I, terdiri dari Juwita SPd dan Lisa Fiyerni SPd, tim II, terdiri dari Anissatul Fajri SPd dan Ailisa Mevta SPd, dan tim III, terdiri dari Sri Afriani SPd dan Rusydi SAg, walaupun saya sebagai koordinator , tetap juga masuk ke dalam tim.

Pada senin pagi (18/2) seperti biasanya tepat pukul 07.00 wib, saya mengantar anak dulu ke SDIK Nurul Quran. Setelah itu karena memang masih ada waktu jeda sebelum mulai kegiatan literasi karena harus menunggu upacara selesai, saya menyempatkan diri menyeruput kopi di salah satu warung kopi di kawasan Lambaro, kecamatan Ingin Jaya.

Selesai minum kopi ditambah sepotong kue, saya meluncur ke sekolah tujuan yaitu SD Negeri Lamreung melewati jalanan desa Bakoy, bantaran Krueng Aceh, sampai ke jembatan Cot Irie, terus belok kiri menuju Ulee Kareng. Begitu sampai di simpang tujuh, saya belokkan motor saya ke arah kanan menuju ke sekolah tujuan. Begitu sampai di gerbang sekolah, saya lihat anak-anak tidak ada lagi di halaman sekolah, pertanda upacara bendera sudah selesai dilaksanakan.

Selanjutnya saya memasukkan motor ke dalam halaman sekolah dan memarkirkannya di tempat parkiran. Lalu saya ambil tas ransel dan kamera bergegas menuju ke arah kantor kepala sekolah, disambut oleh salah seorang tenaga administrasi sekolah dan mempersilakan masuk ke ruang kepala sekolah.

Sejenak saya duduk di sofa, tiba-tiba ibu kepala sekolah memasuki ruangnya. Kebetulan beliau tadi bersama-sama dengan guru di sekolah tersebut ada pertemuan dengan pengawas baru, Drs Ismuha.

Ibu kepala SDN Lamreung, Zuhra SPd menyapa saya dengan ramahnya dan menyampaikan kesiapan anak-anak untuk mengikuti kegiatan literasi. Sekonyong-konyong bu Sri Afriani SPd anggota tim III yang juga guru di SDN Lamreung memasuki ruang kepala sekolah, lalu saya sepakati untuk segera memulai acara.

Selang beberapa menit, anak-anak memasuki ruang PKG, yang digunakan sebagai tempat acara literasi. Sebelum ibu kepala sekolah memasuki ruang acara, Sri Afriani memulai dengan menjelaskan sedikit mengenai apa itu literasi. Sekitar lima menit setelah itu, kepala sekolah memasuki ruang acara dan bu Sri mempersilakan untuk memberi sedikit kata-kata sambutan.

Beliau menyampaikan sangat berterima kasih atas kedatangan tim literasi dan meminta siswa-siswi dapat mengikutinya dengan baik.

Setelah itu giliran saya memaparkan bahwa menulis itu mudah asal ada kemauan, insyaAllah kita bisa. Kita harus hijrah, hari ini membaca hasil karya orang lain, besok atau lusa orang lain akan membaca tulisan kita.

Allah berfirman dalam surat Arra’du ayat 11 yang artinya : Allah tidak akan nasib sesuatu kaum kalau kaum tersebut tidak mau berusaha mengubah nasibnya sendiri.

Jadi kesimpulannya, anak-anak semua harus berusaha sekuat tenaga supaya dapat menghasilkan karya-karya yang gemilang yang nantinya bisa menghasilkan sebuah buku.

Setelah beberapa menit memberikan motivasi, kami mengajak siswa-siswi berfoto bersama di luar ruangan. Lalu masuk kembali ke dalam ruangan untuk pamitan, karena saya sebagai koordinator harus menuju ke dua sekolah lagi yaitu SDN Cot Meuraja dan SDN Neusok Teubalui.

Sekitar 15 menit saya memacu motor menuju SDN Cot Meuraja, sampailah ke sekolah yang berada persis di belakang SMPN 2 Ingin Jaya, siswa-siswinya ternyata sedang istirahat keluar main.

Saya langsung menuju ke ruangan yang sedang berlangsung acara dan anak-anak sedang asik menulis. Saya langsung menyapa bu Juwita dan Lisa Fiyerni yang melihat-lihat hasil karya siswa dan saya pun ikut memperhatikannya.

Sejenak saya ambil mikrofon, lalu memberi salam dan memperkenalkan diri sambil menyampaikan pesan-pesan motivasi seperti di sekolah sebelumnya. Ternyata anak-anak di sini suka menulis puisi dan bagus-bagus, namun saya sarankan supaya mereka juga harus punya minat untuk menulis/mengarang cermin maupun cerpen.

Lalu saya menambahkan teruslah menulis dan menulis, supaya kita dikenang. Kalau ingin terkenal, maka menulislah. Itu saya sampaikan dan disambut antusias anak-anak dengan gemuruh aplus.

Selanjutnya saya minta anak-anak dan tim untuk foto bersama sejenak di halaman sekolah yang diikuti juga oleh kepala sekolah dan guru pendamping. Setelah foto bersama saya pamit menuju ke SDN Neusok Teubalui yang merupakan titik ketiga literasi hari ini.

Lalu saya memacu motor menuju SDN Neusok Teubalui, memakan waktu sekitar 20 menit. Begitu sampainya di sana, ternyata siswa-siswi sudah menyelesaikan tulisan-tulisannya. Kemudian saya memasuki ruangan dan makan lontong serta minum kopi yang memang sudah disediakan.

Sejenak kemudian, anak-anak kembali memasuki ruangan dan duduk dengan rapi. Saya langsung mengambil mikrofon untuk memberikan motivasi seoerti yang sudah saya lakukan pada dua sekolah sebelumnya. Siswa-siswi di sini ternyata menghasilkan karya beragam, ada puisi, cerpen, cermin, pantun, dan bahkan ada yan mengarang lagu. Saya memberikan apresiasi untuk siswa-siswi untuk terus berkarya.

Setelah beberapa waktu saya sampaikan motivasi tiba giliran untuk foto bersama di halaman sekolah. Akhirnya, setelah foto bersama kami pamitan dengan pihak sekolah dan pulang ke tempat masing-masing.

*Koordinator Tim Literasi Disdikbud Aceh Besar

Related posts