Putri Ranah Minang Mengabdi di Tanah Rencong

  • Whatsapp

Feature – Seorang putri ranah minang bernama Ernawilis, S.Pd yang meninggalkan kampung halamannya dan mengabdi di tanah rencong, provinsi Aceh tepatnya di Aceh Besar.

Dia adala guru IPS yang sekarang mengajar di SMPN 2 Blang Bintang, lahir di Batu Bulek Tanah Datar Sumatera Barat 17 Januari 1961, Sumatera Barat .

Read More





Ernawilis menempuh jenjang pendidikan SD Negeri Batu Bulat , SMP Negeri Tanjung Ampalu Sawah Lunto Sijunjung , SMA Negeri Lintau Tanah Datar, Diploma Satu IKP Padan, Diploma Tiga dan S1 di Unsyiah Banda Aceh.

Pada Saat Kuliah di FKIP Padang dengan Ikatan Dinas, Selesai wisuda pihak Kampus memanggil untuk buat permohonan jadi PNS, ada beberapa pilihan provinsi penempatannya, Jawa Timur, Riau Jambi, Aceh dan nama provinsi terakhir menjadikan tempat domisilinya sampai sekarang.

Saya tidak memilih Aceh tuturnya, akan tetapi dengan takdir Allah saya harus mengabdi di Aceh, dari tahun 1984 sampai sekarang.

Sebagai guru IPS buk Er begitu sapaannya aktif juga di pramuka sebagai pembina pramuka tahun 1986 sampai sekarang.
Pengalaman ketika konflik ada naik ambulance menuju lapangan upacara peringatan 17 Agustus agar tidak dicegat oleh pasukan Gerakan Aceh Merdeka (GAM) ini bentuk nasionalisme seorang guru pada bangsa dan negara.

Ketika Tsunami tahun 2004 juga mengalami pengalaman yang sulit dilupakan dimana beliau menyelamatkan dua putri yang masih kecil dari kepungan air tsunami di kampung mulia Banda Aceh dan alhamudillah Allah memberikan keselamatan kepada kami.

Dia berpengalam mengajar beberapa bidang studi diantaranya keterampilan jasa , kesenian, PPKN, PSBP, budi pekerti, keterampilan, sejarah, ekonomi, ips terpadu , prakarya. “Yah! Yang enggak mau teman ngajar kasih ke saya, ” ungkapnya.

Disamping mengajar dia juga pembina pramuka. Saya bekerja dengan ikhlas dan hati yang lapang aja saya juga bangga siswa saya banyak berhasil senang bangetlah pokoknya

Penghargaan yang pernah diperoleh, Satyalancana Karyasatya xx tahun dari presiden SBY tahun 2009, penghargaan lencana Pancawarsa dari Kwarda Aceh H. Muzakir Manaf tahun 2016 dan mendapatkan sertifikat Pendidik tahun 2011.

Buk Er juga aktif dalam MGMP mata pelajaran ips, Sudah mengikuti Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD), Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Lanjutan (KML), Kursus Pelatih Pembina Pramuka Tingkat Lanjutan (KPD), Pancawarsa I, Pembina Pramuka dari tahun 1986 sampai sekarang, Karang Pamitran di Malang pembina se-Indonesia, pelatihan guru IPS se Indonesia di Jogjakarta, Bimtek Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) Bersama BNPB Nasional.

Harapan saya pada hari Guru nasional dan HUT PGRI Ke-75 tahun 2020, kepada guru-guru se-Indonesia khususnya Aceh dan terutama Aceh Besar, jadikanlah sekolah dan anak didik seperti anak sendiri seperti dalam sebuah keluarga.

“Semangat mengajar akan sangat menyenangkan, dan yang utama adalah disiplin, hati bersih kemudian di tengah pandemi covid-19 PGRI terus berkarya mencerdaskan guru demi anak-anak bangsa.[]

Related posts